Bidang Hukum

Detik News Ocean (DNO)  ~ Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. Hukum adalah sistem yang paling penting dalam pelaksanaan serangkaian kekuatan institusional.

Ketiadaan definisi hukum jelas menjadi kendala bagi mereka yang baru saja ingin mempelajari ilmu hukum. Tentu saja dibutuhkan pemahaman awal atau pengertian hukum secara umum sebelum memulai untuk mempelajari apa itu hukum dengan berbagai macam aspeknya. Bagi masyarakat awam pengertian hukum itu tidak begitu penting. Lebih penting penegakannya dan perlindungan hukum yang diberikan kepada masyarakat.

Bidang Hukum
Bidang Hukum
Setiap orang akan berurusan atau terikat dengan hukum. Namun, apa sesungguhnya hukum itu ? Kita sulit mendefinisikan secara lengkap. Hal itu dikarenakan hukum memiliki pengertian yang luas. Banyak ahli hukum memberikan pengertian hukum secara berbeda-beda, tetapi belum ada satu pengertian yang mutlak dan memuaskan semua pihak tentang hukum itu.

Hukum dapat dibagi dalam berbagai bidang, antara lain Hukum Pidana/hukum publik, Hukum Perdata/hukum pribadi, Hukum Acara, Tukum Tatanegara, Hukum Administrasi Negara (HAN)/Hukum Tata Usaha Negara, Hukum Internasional, Hukum Ketenagakerjaan, Hukum Adat, Hukum Islam, Hukum Agraria, Hukum Bisnis, Hukum Lingkungan (Amdal) dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Referensi :

Share:  

No comments:

Post a Comment