Ini Kata NasDem : Golkar Ajak Ahok Pilih Jalur Parpol

Jakarta, Detik News Ocean (DNO) ~ Pergantian Kepala Daerah DKI Jakarta memang masih terbilang lama, namun situasi persaingan politik sudah terasa sangat panas menjelang tahun 2016. Basuki Cahya Purnama atau sering dipanggil Ahok sudah bertekad akan maju kembali dalam Pilkada DKI Jakarta mendatang sebagai petahana. 

Bahkan relawan atas nama “Teman Ahok” sudah melakukan gerakan pengumpulan satu juta KTP untuk mendukung Ahok maju kembali sebagai gubernur. Tidak hanya pihak incumbent yang sudah siap-siap amunisi dari sekarang, pesaing Ahok lainnya pun sudah bermunculan satu persatu.

Bakal calon petahana Basuki Tjahaja Purnama disebut bakal maju dengan kendaraan partai sebagai gubernur di periode kedua.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana tugas Ketua Dewan Perwakilan Daerah Golkar DKI JakartaYorrys Raweyai mengklaim bahwa Ahok telah memutuskan untuk maju melalui jalur partai. Keputusan itu diambil setelah adanya pertemuan antara Teman Ahok dengan beberapa partai pendukung.

Ini Kata NasDem : Golkar Ajak Ahok Pilih Jalur Parpol
Victor Laiskodat, Ketua Fraksi NasDem di DPR RI
Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham memperkuat pernyataan Yorrys mengatakan adanya kesepakatan Ahok akan maju Pilgub DKI melalui jalur partai dan terlihat adanya upaya Partai Golkar untuk merayu partai pendukung agar tidak hanya mendukung Ahok tetapi juga mengusung.

Victor Laiskodat, Ketua Fraksi NasDem di DPR membantah jika Partai Golkar merayu partai pendukung Ahok agar maju lewat jalur partai. Walaupun demikian, Victor mengakui Ahok memang telah mengantongi 2 modal untuk bisa maju sebagai gubernur, yakni secara independen ataupun melalui jalur partai.

"Enggak, bukan merayu, kalau pilihannya lewat independen harus verifikasi faktualnya itu memakan waktu. Tapi kan sekarang pilihan Pak Ahok lain lagi satu lagi, lewat parpol kan mencukupi secara UU," kata Victor di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (20/7).

Victor juga mengatakan, Teman Ahok sebenarnya tidak mempermasalahkan jika Ahok maju melalui partai. Pasalnya, semua pendukungnya itu hanya ingin mantan Bupati Belitung Timur ini maju dan tidak dipermainkan partai politik.

"Oleh karena itu prinsipnya teman-teman Ahok itu bukan masalah lewat independen, tetapi yang bersangkutan menginginkan bisa maju dan tidak tersandera politik," tegasnya. (G.A)

Subscribe to receive free email updates: