Mamfaat Dan Khasiat Bawang Putih

detiknewsocean.com (DNO) ~ Bawang putih Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.
Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.

1. Mamfaat Bawang Putih

Bawang putih digunakan sebagai bumbu yang digunakan hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia. Sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih bisa juga dihaluskan dengan berbagai jenis bahan bumbu yang lain.Dan juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kutil,caranya : keprek bawang putih ( jangan sampai halus ) lalu tempelkan pada kutil dan ikat yang kuat dengan kain atau plester tunggu sampai 30 menit,jangan terlalu banyak bergerak,maka kulit akan panas dan kutil akan menghitam.Besoknya anda terbebas dari kutil.

Mamfaat Dan Khasiat Bawang Putih
Mamfaat Dan Khasiat Bawang Putih 


2. Khasiat Bawang Putih

Bawang putih mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia.

Bawang putih selama ini diidentikkan dengan bumbu masakan. Tetapi, bawang putih juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. Menurut studi baru, bawang putih membantu melawan infeksi paru-paru.

Bawang putih bisa jadi senjata rahasia untuk beberapa orang dengan cystic fibrosis yang melawan infeksi paru-paru kronis. Cystic fibrosis yaitu kelainan genetik yang merubah paru-paru dengan tanda-tanda periode panjang seperti kesusahan bernapas serta batuk dahak.

Suatu tim peneliti dari Edinburgh University tunjukkan, allicin, bahan kimia yang diketemukan dalam bawang putih dapat membunuh bakteri yang sangatlah tahan pada sebagian besar antibiotik.

“Penelitian itu dikerjakan untuk mencari tahu reservoir yang kaya senyawa antimikroba yang ada pada tanaman seperti bawang putih yang memiliki kandungan senyawa Allicin", kata peneliti Profesor John Govan, seperti ditulis laman Health Me Up, Minggu (29/3).

Allicin dengan cara alami di produksi bawang putih untuk menangkis patogen tanaman yang diketemukan didalam tanah. Hal semacam ini bisa diekstraksi dengan menghancurkan bawang putih mentah serta menghindar perkembangan bakteri.


Beberapa peneliti mengharapkan, allicin yang memiliki kandungan obat-obatan serta antibiotik yang ada dapat dipakai berbarengan untuk menyembuhkan infeksi BCC. Studi itu dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE. (S.A)

Subscribe to receive free email updates: