Ternyata Dengan Berenang Mempengaruhi Pertumbuhan Sel Baru Pada Otak

Jakarta, Detik News Ocean (DNO) ~ Sudah bukan menjadi rahasia, bahwa olah raga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Tapi tahukah Anda bahwa setiap olahraga dapat memberikan efek kesehatan yang berbeda-beda? Tidak hanya untuk tubuh, beberapa olahraga memiliki efek kesehatan yang baik juga untuk otak, Salah satunya adalah berenang.

Aktivitas fisik menjadi kegiatan yang amat mempengaruhi kesehatan tubuh. Organ dalam tubuh, terutama otak, berperan penting dalam kesehatan individu.

Salah satu aktivitas fisik yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak adalah berenang. Sebuah studi terbaru mengklaim bahwa sirkulasi darah akan berjalan lebih baik jika tubuh berada di dalam air.

Berenang telah diteliti sangat baik untuk kesehatan otak, karena dapat meningkatkan sirkulasi darah menuju otak. Sebuah studi baru mengklaim bahwa sirkulasi darah lebih baik pada orang yang berada di dalam air dibandingkan dengan mereka di darat. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk melihat manfaat kardiovaskular dari beberapa kegiatan. Penelitian ini mengklaim bahwa ketika tubuh direndam dalam air sampai daerah dada, sirkulasi darah akan ditingkatkan ke berbagai bagian salah satunya otak.

Ternyata Dengan Berenang Mempengaruhi Pertumbuhan Sel Baru Pada Otak
Ternyata Dengan Berenang Mempengaruhi Pertumbuhan Sel Baru Pada Otak
Seperti dilansir laman Boldsky, Senin (18/7/2016) saat tubuh hingga bagian dada terendam dalam air maka sirkulasi darah menjadi lancar ke berbagai bagian organ tubuh hingga otak. Peneliti mempelajari hubungan antara air dengan aktivitas otak yang bekerja dalam waktu bersamaan. Penelitian ini dilakukan pada 10 orang.

Selain itu, berenang juga ternyata dapat melepaskan hormon endorfin dalam tubuh. Saat hormon endorfin dilepasdak di dalam tubuh maka akan meningkatkan neurogenesis hippocampal. Neurogenesis hippocampal dapat mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel baru di otak. Sehingga sangat baik untuk kesehatan otak.

Berenang juga melibatkan aktivitas fisik seperti peregangan, bergerak dan bernapas. Ketiga hal tersebut tentunya dapat menjadi kegiatan yang baik untuk menghilangkan stres tubuh dan meningkatkan kesehatan dalam berbagai cara.

Tes pertama kali dilakukan dengan meminta individu berdiri di dalam tangki air yang dikosongkan lalu diisi dengan air hingga bagian dada. Peneliti kemudian melihat denyut jantung dengan alat khusus. Data yang keluar dari alat tersebut lalu dianalisis.

Hasil penelitian menunjukkan, suplai darah ke otak memberikan pasokan oksigen ke otak lebih lancar. Hal inilah yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel baru di otak.

Tak hanya itu, gerakan tubuh dalam air saat berenang juga dapat meningkatkan pernapasan lebih baik hingga jantung menjadi lebih sehat. (G.A)

Sumber : www.boldsky.com

Subscribe to receive free email updates: