Alang-alang (Ilalang Atau lalang) Dapat Menyembuhkan Beberapa Jenis Penyakit. Diantaranya...

Ilalang atau lalang (Imperata cylindrica,) (DNO) ~ Alang-alang, ilalang atau lalang(Imperata cylindrica Raeusch.) ialah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian.

Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.

Tumbuhan alang - alang itu kaya dengan bermacam kandungan kimia yang sudah di kenali, diantaranya : Malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylidrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, skharosa, glukosa, manitol, damar dan logam alkali.

Alang-alang merupakan sejenis tumbuhan gulma yang biasanya tumbuh dengan liar di ladang, lapangan berumput, tepi jalan, dan persawahan. Tingginya bisa mencapai hampir 2 meter. Daunnya menyerupai pita dengan tepi rata, lurus dan berujung runcing. Tumbuhan ini memang dapat tumbuh subur di tempat-tempat kering yang mendapatkan banyak sinar matahari. Alang-alang sejak dulu sudah dijadikan sebagai salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Tumbuhan itu termasuk dalam famili tumbuhan Gramineae atau Poaceae. Tanaman itu dikenal dengan nama daerah ilalang, hilalang atau kambengan.
Alang-alang (Ilalang Atau lalang) Dapat Menyembuhkan Beberapa Jenis Penyakit. Diantaranya...
Alang-alang (Ilalang atau lalang) (detiknewsocean.com)

A. Mamfaat Alang-alang (Ilalang atau lalang)

Alang-alang merupakan sejenis tumbuhan gulma yang biasanya tumbuh dengan liar di ladang, lapangan berumput, tepi jalan, dan persawahan. Tingginya bisa mencapai hampir 2 meter. Daunnya menyerupai pita dengan tepi rata, lurus dan berujung runcing. Tumbuhan ini memang dapat tumbuh subur di tempat-tempat kering yang mendapatkan banyak sinar matahari. Alang-alang sejak dulu sudah dijadikan sebagai salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Manfaat tumbuhan alang-alang ini diantaranya adalah untuk pengobatan.

Manfaat tumbuhan alang-alang terutama berasal dari bagian akarnya. bagian akar tumbuhan alang-alang memiliki sejumlah unsur kimiawi yang sangat berguna untuk kesehatan. Beberapa unsur diantaranya adalah glukosa, manitol, asam sitrat, arundoin, fernerol, esin, polifenol, taninin, dan alkali. Unsur-unsur kimiawi ini membuat alang-alang menjadi antipiretik yang berfungsi untuk meluruhkan kemih (deuretic), menurunkan panas, menghentikan pendarahan (hemostatik), dan menghilangkan rasa haus.

Secara lebih spesifik, manfaat tumbuhan alang-alang adalah untuk mengatasi bengkak yang timbul akibat radang ginjal, bengkak (memar) dan infeksi saluran kencing. Tumbuhan ini juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan akibat darah panas seperti mimisan, batuk darah, urin berdarah, dan muntah darah. Alang-alang digunakan juga untuk mengobati wasir serta mengatasi demam yang disertai dengan rasa batuk, flu, sesak, haus. Tidak hanya itu, khasiat alang-alang juga terletak pada kemampuannya untuk mengatasi sakit kuning dan tekanan darah tinggi.

Selain dari akar, manfaat tumbuhan alang-alang juga berasal dari bunga. Bunganya dapat digunakan dalam pengobatan mimisan dan batuk darah yang timbul akibat penyakit paru. Alang-alang bisa digunakan dengan 2 cara, diminum atau digunakan untuk pengobatan luar. Jika hendak diminum, alang-alang direbus akar atau bunga. Bila yang digunakan adalah akar yang kering beratnya sekitar 15-30 gram, untuk yang masih segar 30-60 gram. Adapun untuk bunganya, gunakan sekitar 5-10 miligram. Bila masih tunas muda sekitar 5-10 gram. Selain itu akar juga bisa ditumbuk lalu diperas airnya. Bisa juga digiling kemudian dijadikan bubuk. Adapun untuk mendapatkan khasiat alang-alang melalui pemakaian luar, yang digunakan adalah bulir bunga serta tangkainya yang kemudian digiling halus lalu dibubuhkan pada luka. Hasil gilingan disumbatkan ke dalam hidung jika hendak digunakan untuk menghentikan pendarahan.

B. Khasiat Alang-alang (Ilalang atau lalang)

Menurut hasil penelitian para ahli tanaman, ada banyak kandungan kimiawi yang terdapat di dalam akar dan batang tanaman Alang Alang. Tanaman Alang-Alang ini memiliki kandungan glukosa, mengandung malic acid, terdapat kandungan citric acid. Selain itu pada akar alang-alang juga terdapat kandungan kimia coixol, arundoin, cylindrin, fermenol, simiarenol serta kandungan anemonin. Bagian tanaman alang-alang yang sering gunakan untuk pengobatan adalah bagaian akar(rimpang), bagian daun serta bagian bunganya.

Dengan kandungan-kandungan itu, alang-alang bersifat antipiretik (menurunkan panas), diuretik (meluruhkan kemih), hemostatik (menghentikan pendarahan), menghilangkan haus dan membuat adem. Pastinya anda semua ingin mengetahui apa saja Khasiat Alang Alang Untuk Kesehatan.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya Satu diantaranya Yakni :

1. Mengobati Demam

Alang Alang ternayata bersifat menurunkan deman, maka dari itu apabila deman akan tetapi tak ingin memberikan obat kimia, berikanlah Rebusan air Alang Alang. Caranya, Rebus akar alang-alang kering sebanyak 15-30 gram (bila menggunakan yang segar sebanyak 30-60 gram), bunga 5-10 mg dan tunas muda sebanyak 5-10 gram. Bila menggunakan akar segar maka ditumbuk dulu keudian diperas airnya. Bila menggunakan yang kering digiling dulu untuk kemudian dijadikan bubuk, sebelum diseduh.

2. Mengobati Diare

Diare merupakan sebuah penyakit dimana penderita mengalami ransangan buang air besar yang terus menerus dengan feses yang masih memiliki kandungan air berlebih. Ternayata Alang Alang memili kandungan yang bisa menghentikan diare, caranya siapkan 200 gram akar alang-alang dicuci, rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Sekali minum 1 gelas. Siapkan 200 gram akar alang-alang dicuci, rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Sekali minum 1 gelas.

3. Obat Asma

Alang Alang, tanaman belukar ini bisa mengobati asma dengan cara tradisional dan alami. Caranya, Siapkan 100 gram akar alang-alang, 25 gram kencur, 25 gram daun sirih, rebus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengahnya, saring, masukkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis, minum sekaligus sebelum tidur malam.

4. Muntah Darah

Akar segar 30 - 60 gr, dicuci bersih, dipotong - potong, dogodok dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Minum sesudah dingin.

5. Mimisan

Akar segar dicuci bersih, ditumbuk dan diperas airnya sampai terkumpul 100 cc. Minum air perasannya.

6. Air Ke*mih Berdarah

Rebus 10 gr akar segar dengan 2. 000 cc air sampai tersisa 1. 000 cc. Minum airnya.

7. Kencing Nanah

Akar segar 300 gr dicuci bersih, dipotong - potong seperlunya, digodok dengan 2. 000 cc air bersih sampai tersisa 1. 200 cc, ditambah gula batu secukupnya. Dibagi 3 kali minum atau sebagai teh. Sepuluh hari untuk satu cure.

Tersebut beberapa fungsi dan manfaat daun alang - alang untuk kesehatan badan yang butuh anda kenali untuk mencegah penyakit - penyakit seperti diatas yang butuh dijaga untuk selalu hidup sehat dengan obat tradisional alami.

Khasiat Alang Alang diatas hanyalah sebagian umum saja, karena memang Khasiat Alang Alang yang lainnya masih banyak dan tentunya akan sangat membantu anda dalam menjaga kesehatan seperti halnya mengobati penyakit prostat, mengobati batuk rejan, menyembuhkan asma, mengobatib pendarahan pada wanita, menyembuhkan demam, dan masih banyak Khasiat Alang Alang lainnya.(S.Art)

Subscribe to receive free email updates: