Daun Ubi Kayu (Ketela Pohon Atau singkong) Dapat Sebagai Obat Menangani Penyakit Stroke

Detik News Ocean (DNO)~ Daun Ubi Kayu (Ketela Pohon Atau Singkong) (Manihot utilissima) adalah perlu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Singkong adalah jenis tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Kandungan karbohidratnya yang tinggi bikin beberapa orang memakainya sebagai menu pokok pengganti nasi.

Ditulis laman manfaatnyasehat. com, singkong telah banyak di proses jadi makanan yang bernilai ekonomis tinggi. Dari mulai di proses jadi singkong keju, kripik singkong, serta olahan lezat yang lain.

Terkecuali lezat, singkong juga mempunyai banyak kandungan yang berguna untuk badan. Semua pohonnya bisa dipakai untuk penuhi keperluan manusia.

Akarnya dapat dikonsumsi, batangnya bisa di buat bibit singkong serta daunnya yang dapat menyembuhkan beragam penyakit. Lantas bagaimanakah dengan daunnya ? Apa keutamaan serta faedah dari daun singkong untuk kesehatan ?
Daun Ubi Kayu (Ketela Pohon Atau singkong) Dapat Sebagai Obat Menangani Penyakit Stroke.
Daun Ubi Kayu (Ketela Pohon Atau singkong) www.detiknewsocean.com
Daun singkong sudah banyak dikenal masyarakat kita sejak dulu sebagai sayuran alternatif pengganti dari kebanyakan sayuran pada umumnya. Bagi yang sudah terbiasa, daun singkong adalah sayuran yang unik, dan bisa memicu selera makan, namun bagi yang belum pernah merasakannya, mungkin butuh waktu untuk membiasakannya. Tekstur daun singkong yang kasar, sehingga hanya cocok untuk dimasak dalam beberapa cara saja. Bagi yang sudah biasa dengan makan diwarung masakan padang, mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayuran ini.

Untuk mengolah daun singkong sendiri dirumah tidaklah sulit, bisa dimasak kuah santan, dibuat urap-urap, atau hanya direbus dan dimakan dengan sambal terasi.

Lantaran belum banyak orang-orang yang tahu mengenai faedah daun singkong untuk kesehatan, di sini saya bakal sharing pada anda semuanya tentang faedah daun sinkong untuk kesehatan.


A. Manfaat dan Kandungan Nutrisi Daun Ubi Kayu (Ketela Pohon Atau Singkong)


1. Kandungan Nutrisi:


Daun dari ubi yang banyak diminati ini juga mengandung beberapa nutrisi penting, seperti protein, Serat, lemak, kalori, karbohidrat, vitamin A , C , B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Dari sekian nutrisi yang ada, yang tertinggi per 100g nya adalah :
  • Protein(3.7), 
  • Serat(0.6), 
  • Kalori(37), 
  • Lemak(0.2), dan 
  • Karbohidrat (7.3).

2. Manfaat bagi kesehatan:


Regenerasi sel : Protein yang terkandung dari daun ubi ini bermanfaat untuk membantu tubuh meregenerasi sel tubuh yang telah mati, sehingga tubuh kita selalu segar dan awet muda. Perlu diketahui bahwa Seluruh otot, kulit, rambut semuanya dibentuk oleh protein.

Kalori : Kalori tentu saja akan memberikan tenaga bagi tubuh kita dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, dan daun singkong juga diketemukan cukup tinggi kalori.

Karbohidrat : Fungsi utama dari karbohidrat adalah sebagai sumber tenaga utama bagi tubuh kita. Selain itu, nutrisi ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan protein. Tanpa karbohidrat, maka tubuh akan mengambil protein sebagai bahan bakar, sehingga akibatnya dapat menghambat pembentukan sel tubuh. Karbohidrat juga membantu kita untuk tetap merasakan kenyang, seperti halnya ketika kita makan nasi.

Serat : Serat makanan memiliki fungsi utama bagi tubuh adalah membantu kelancaran proses pencernaan di usus kita, bermanfaat juga untuk kelancaran proses BAB. Serat juga dapat memberikan perasaan kenyang dan menjaga kadar koletrol, sehingga daun singkong bisa dimanfaatkan untuk membantu diet menurunkan berat badan. Dari penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan, bahwa daun yang berwarna hijau tua ini pada akhirnya akan membantu kita terhindar dari sakit jantung, kanker usus, diabetes, dan kegemukan.

Antioksidan : Daun singkong juga mengandung klorofil, dimana ini adalah bagian daun yang mrengandung antioksidan, yang bermanfaat untuk menanggulangi dampak dari radikal bebas.

Nafsu makan : Ahli farmakologi juga banyak yang memberikan pendapatnya, jika makan daun umbi singkong dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan.

Manfaat untuk pengobatan :

Dalam hal dunia pengobatan tradisional, daun singkong juga memiliki khasiat, yaitu mengatasi masalah cacingan dan membantu meredakan nyeri karena radang sendi atau artritis.

Singkong.net menjelaskan manfaat untuk pengobatan tradisional rematik menggunakan daun singkong adalah sebagai berikut :

a. Pemakaian obat dalam


Sediakan 100 gram batang singkong, satu batang sereh, 15 g jahe. Kemudian rebus semua bahan tadi kedalam1000 cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian Air rebusan ramuan 2 kali sehari pagi dan sore @200cc, setelah disaring.

b. Pemakaian obat luar


Ambil 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah serta kapur sirih secukupnya. Haluskan semua bahan dengan ditambah air secukupnya hingga menjadi pasta dan oleskan pada bagian yang sakit.

Berikut untuk mengobati cacingan :
Untuk manfaat ini, yang kita ambil adalah kulit batang singkong. Caranya sangat mudah, ambil kulit batang secukupnya, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring, lalu diminum sebelum tidur pada malam hari.


B. Khasiat Daun Ubi Kayu (Ketela Pohon Atau Singkong)


Faedah daun singkong yang pertama yaitu sebagai obat untuk menangani penyakit stroke.

Stroke adalah satu diantara penyakit beresiko yang kerap membunuh beberapa korbannya. Serta menurut riset beberapa ilmuan, daun singkong adalah satu diantara obat yang dapat mengobati penyakit stroke.

Hal itu karena daun singkong adalah type dedaunan yang banyak terkandung isoflavon. Kandungan berikut yang lalu bisa digunakan sebagai obat untuk menangani penyakit stroke.

Manfaat daun singkong yang ke-2 yaitu sebagai peningkat ketahanan badan.

Olahan daun singkong bisa bikin anda jadi terlepas dari beragam penyakit enteng. Hal itu karena dalam daun singkong terdapat vitamin C yang jumlahnya cukup banyak hingga bisa bikin daya badan bertambah. Pastinya mesti diiringi dengan usaha melindungi kebersihan diri serta lebih waspada dalam konsumsi makanan.

Faedah daun singkong yang selanjutnya yaitu sebagai obat yang bisa menyehatkan mata.

Daun singkong memiliki kandungan banyak vitamin A. Seperti yang kita kenali, vitamin A yaitu type vitamin yang dapat melindungi kesehatan mata. Langkahnya hanya lewat cara konsumsi sayur itu teratur sekurang-kurangnya 3 kali dalam 1 minggu serta anda bisa mengonsumsinya berbentuk olahan apa pun.

Manfaat daun singkong selanjutnya yaitu sebagai sayuran anti osteoporosis.

Daun singkong mempunyai kandungan fosfor serta kalsium yang berperan sebagai zat yang dapat melindungi kesehatan tulang dari penyakit tulang keropos atau umum dimaksud osteoporosis.

Faedah yang selanjutnya yaitu sebagai obat penyembuh luka.

Daun singkong adalah daun yang kaya kandungan serat serta zat besi. Menurut riset, serat serta zat besi sangatlah berguna sebagai zat yang ammapu mempercepat pengeringan luka.

Terkecuali bisa emmpercepat sistem pengeringan luka, daun singkong dapat juga berguna untuk meminimalkan terbentuknya sisa luka. Pasti hal semacam ini sangatlah utama lantaran sisa luka kerapkali mengganggu yakin diri anda.

Manfaat daun singkong yang beriikutnya yaitu sebagai obat anti sakit kepala.

Langkahnya yaitu dengan konsumsi daun itu berbentuk daun singkong rebus serta mengolahnyya jadi makanan yg tidak memiliki kandungan santan. Hal itu karena santan adalah satu diantara bahan makanan yang kerapkali bikin orang pusing saat terlalu berlebih dalam mengonsumsinya.

Faedah yang selanjutnya yaitu sebagai pencegah sistem penuaan.

Untuk beberapa wanita, menghindar sistem penuaan yaitu hal yang utama untuk dikerjakan. Bahkan juga karena sangat utamanya, banyak di antara wanita yang ikhlas melakukan operasi plastik untuk memperoleh muka yang muda serta fresh.

Walau sebenarnya, bila mereka ingin mencermati faedah daun singkong, mereka tidak usah lagi beberapa sulit keluarkan banyak duit untuk melakukan operasi plastik.

Mereka cuma butuh konsumsi daun singkong lalu menanti reaksinya, sekian penjelasan tentang faedah daun singkong & Selamat Mencoba.(S.Art)

Subscribe to receive free email updates: