Inilah Penyebab Dan Ciri-Ciri Demam Berdarah (Demam Dengue/DBD)

Detik News Ocean, Demam Berdarah  ~ Demam berdarah atau demam dengue adalah penyakit akibat infeksi virus bernama dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes, khususnya Aedes aegypti betina. Nyamuk ini menularkan virus yang berada dalam air liurnya dengan cara menggigit manusia ketika di siang hari, kemudian air liur yang terdapat virus dengue menyebar ke seluruh jaringan tubuh yang mengakibatkan sel darah putih memproduksi banyak protein untuk menimbulkan gejala.

A. Penyebab Demam Berdarah (Demam Dengue/DBD)

Demam dengue disebabkan oleh virus dengue. Dalam sistem ilmiah yang menamakan dan mengklasifikasikan virus, virus dengue tersebut merupakan bagian dari famili Flaviviridae dan genus Flavivirus. Virus lainnya juga merupakan bagian dari famili yang sama dan menyebabkan penyakit pada manusia. Contohnya, virus yellow fever, West Nile virus, St. Louis encephalitis virus, Japanese encephalitis virus, tick-borne encephalitis virus, Kyasanur forest disease virus, and Omsk hemorrhagic fever virus all belong to the family Flaviviridae. Most of these viruses are spread by mosquitoes or ticks.

Virus dengue adalah virus yang menjadi penyebab seseorang terpajan demam berdrah. Virus ini awalnya menyelinap dalam tubuh kemudian hidup di sel yang menuju saluran pencernaan nyamuk. Sekitar 8 hari 10 hari berikutnya, virus akan menyebar ke kelenjar saliva nyamuk, tempat produksi saliva atau ludah atau air liur. Oleh karena itu, nyamuk yang menginfeksi seseorang dengan cara digigit sama saja dengan mengoper atau memindahkan virus dengue bersama air liur nyamuk ke dalam tubuh manusia.
Inilah Penyebab Dan Ciri-Ciri Demam Berdarah (Demam Dengue/DBD)
Jenis Nyamuk Penyebab Aedes Demam Berdarah (Demam Dengue/DBD) (detiknewsocean.com)
Awalnya virus tidak membahayakan karena masih melawan sistem pertahanan tubuh dari bantuan sel darah putih. Lama kelamaan virus memproduksi kembali (atau memperbanyak diri) sehingga sistem kekebalan tubuh tidak kuat menahan serangan virus dengue, akibatnya virus berhasil masuk dan menyebar dalam jaringan tubuh.

1. Penularan

Dengue virus ditularkan (atau disebarkan) sebagian besar oleh nyamuk Aedes, khususnya tipe nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini biasanya hidup di antara garis lintang 35° Utara dan 35° Selatan, di bawah ketinggian 1000 m. Nyamuk-nyamuk tersebut lebih sering menggigit pada siang hari. Satu gigitan dapat menginfeksi manusia.

Terkadang, nyamuk juga tertular dengue dari manusia. Jika nyamuk betina yang menggigit orang yang terinfeksi, nyamuk tersebut dapat tertular virus. Mulanya virus hidup di sel yang menuju saluran pencernaan nyamuk. Sekira 8 hingga 10 hari berikutnya, virus menyebar ke kelenjar saliva nyamuk, yang memproduksi saliva (atau "ludah"). 

Ini berarti bahwa saliva yang diproduksi oleh nyamuk tersebut terinfeksi virus dengue. Oleh karena itu ketika nyamuk menggigit manusia, saliva yang terinfeksi tersebut masuk ke dalam tubuh manusia dan menginfeksi orang tersebut. Virus sepertinya tidak menimbulkan masalah pada nyamuk yang terinfeksi, yang akan terus terinfeksi sepanjang hidupnya. Nyamuk Aedes aegypti adalah nyamuk yang paling banyak menyebarkan dengue. Ini karena nyamuk tersebut menyukai hidup berdekatan dengan manusia dan makan dari manusia alih-alih dari binatang. Nyamuk ini juga suka bertelur di wadah-wadah air yang dibuat oleh manusia.

Dengue juga dapat disebarkan melalui produk darah yang telah terinfeksi dan melalui donasi organ. Jika seseorang dengan dengue mendonasikan darah atau organ tubuh, yang kemudian diberikan kepada orang lain, orang tersebut dapat terkena dengue dari darah atau organ yang didonasikan tersebut. Di beberapa negara, seperti Singapura, dengue biasa terjadi. Di negara-negara ini, antara 1,6 dan 6 transfusi darah dari setiap 10.000 menularkan dengue. Virus dengue juga dapat ditularkan dari ibu ke anaknya selama kehamilan atau ketika anak tersebut dilahirkan. Dengue biasanya tidak ditularkan dengan cara-cara lain.

2. Risiko

Dibandingkan dengan orang dewasa, bayi dan anak kecil yang menderita dengue lebih berisiko mengalami infeksi yang serius. Anak-anak cenderung berisiko mengalami sakit berat apabila mereka tergolong anak-anak yang berkecukupan gizi (jika mereka sehat dan memakan makanan bergizi). (Ini berbeda dari banyak infeksi lainnya, yang biasanya lebih parah terjadi pada anak-anak yang termasuk golongan kurang gizi, tidak sehat, atau tidak memakan makanan bergizi.) Perempuan lebih cenderung terserang sakit yang lebih parah daripada laki-laki. Dengue bisa mengancam jiwa pada pasien dengan penyakit kronis (jangka panjang), seperti diabetes dan asma.

B. Ciri-Ciri Demam Berdarah (Demam Dengue/DBD)

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang di sebabkan oleh nyamuk sama hal nya dengan penyakit malaria atau penyakit kaki gajah. Demam berdarah hanya dapat terjadi jika tubuh di gigit oleh nyamuk yang telah terinfeksi oleh virus, sehingga ketika nyamuk tersebut menggigit kulit manusia dapat menyebabkan virus tersebut berpindah ke aliran darah sehingga menyebabkan penyakit demam berdarah. 

Nyamuk penyebab demam berdarah dapat menggigit siapapun, anak anak maupun orang dewasa bisa terkena penyakit demam bedarah. Gejala atau ciri ciri demam berdarah baru akan muncul ketika beberapa hari infeksi virus atau gigitan nyamuk, sehingga setelah terkena gigitan nyamuk tidak akan terasa.

Adapun ciri ciri demam berdarah memang baru akan di rasakan setelah beberapa hari terkena gigitan nyamuk. Dan berikut beberapa ciri ciri demam berdarah yang bisa dialami, yaitu :

  • Demam tinggi

Ciri ciri demam berdarah setelah beberapa hari gigitan nyamuk, yaitu pusing kepala dan demam tinggi. demam pada ciri ciri demam berdarah dapat berlangsung lama, dua hingga tujuh hari bisa mengalami demam tinggi, yang suhu nya dapat mencapai 40 derajat.

  • Bintik merah pada kulit

Jika ciri ciri demam berdarah telah di rasakan setelah demam tinggi, kulit juga akan mulai ditumbuhi bintik merah, akibat dari serangan virus demam berdarah dari gigitan nyamuk.

  • Muntah darah

Ciri ciri demam berdarah yang semakin parah bisa menyebabkan pendarahan pada tubuh. pendarahan dapat terjadi pada saat muntah, sehingga muntah yang akan di keluarkan bisa mengeluarkan darah. Selain muntah darah, mimisan juga dapat dialami pada ciri ciri demam berdarah.

  • Tidak nafsu makan

Penurunan nafsu makan akibat infeksi virus juga akan dialami, pada saat ciri ciri demam berdarah. Sehingga bisa menurunkan berat badan orang yang mengalami demam berdarah.

  • Nyeri sendi

Tubuh juga akan terasa sakit, karena bagian oto dan juga sendi di infeksi oleh virus. Rasa sakit akan mudah di rasakan ketika tubuh di gerakan.

Referensi :

  1. Gould EA, Solomon T (February 2008). "Pathogenic flaviviruses". The Lancet 371 (9611): 500–9. doi:10.1016/S0140-6736(08)60238-X.PMID 18262042.
  2. Rodenhuis-Zybert IA, Wilschut J, Smit JM (August 2010). "Dengue virus life cycle: viral and host factors modulating infectivity". Cell. Mol. Life Sci. 67 (16): 2773–86.doi:10.1007/s00018-010-0357-z. PMID 20372965.
  3. Center for Disease Control and Prevention. "Chapter 5 – Dengue Fever (DF) and Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)". 2010 Yellow Book. Diakses tanggal2010-12-23.
  4. Wilder-Smith A, Chen LH, Massad E, Wilson ME (January 2009). "Threat of Dengue to Blood Safety in Dengue-Endemic Countries". Emerg. Infect. Dis. 15(1): 8–11.doi:10.3201/eid1501.071097. PMC 2660677. PMID 19116042.
  5. Stramer SL, Hollinger FB, Katz LM et al. (August 2009). "Emerging infectious disease agents and their potential threat to transfusion safety". Transfusion. 49 Suppl 2: 1S–29S.doi:10.1111/j.1537-2995.2009.02279.x. PMID 19686562.
  6. Teo D, Ng LC, Lam S (April 2009). "Is dengue a threat to the blood supply?".Transfus Med 19 (2): 66–77. doi:10.1111/j.1365-3148.2009.00916.x.PMC 2713854. PMID19392949.
  7. Wiwanitkit V (January 2010). "Unusual mode of transmission of dengue".Journal of Infection in Developing Countries 4 (1): 51–4. PMID 20130380.
  8. Guzman MG, Halstead SB, Artsob H et al. (December 2010)."Dengue: a continuing global threat". Nat. Rev. Microbiol. 8 (12 Suppl): S7–S16.doi:10.1038/nrmicro2460. PMID21079655.

Subscribe to receive free email updates: