Jokowi : Kekosongan Posisi Menteri ESDM, Pasti Akan Diisi

detiknewsocean.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo Jokowi belum menentukan untuk menduduki jabatan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) definitif, setelah dihentikannya Arcandra Tahar dari jabatannya, karena memiliki kewarganegaraan ganda.

Belum ada kepastian siapa yang ditunjuk untuk mengisi pos menteri yang sekarang masih dipegang Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan sebagai Pelaksana tugas (Plt). Namun presiden memastikan pos Menteri ESDM segera ditentukan.

Presiden melanjutkan bahwa dia menerima banyak sekali nama yang diajukan menjadi pengganti Arcandra. Ia mengaku masih ingin melihat dan mengkaji para calon yang ada.

"Tentu saja akan diisi, pasti akan diisi," kata Jokowi usai peresmian pembukaan rapat kerja nasional Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat daerah Kabupaten Seluruh Indonesia di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/8/2016).
Jokowi : Kekosongan Posisi Menteri ESDM, Pasti Akan Diisi
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)
Ketika ditanya apakah posisi Menteri ESDM akan diisi politikus atau profesional, Presiden tidak memberikan jawaban yang jelas. "Nanti dilihat," katanya.

Meski begitu, Jokowi belum mau menyebutkan dari kalangan partai atau profesional yang mengisi posisi menteri tersebut. Menurutnya, para pihak yang ingin menjadi Menteri ESDM sudah banyak. "Yang mengajukan banyak sekali tapi yang dipilih nanti dilihat," ujarnya.

Pada pertengahan Agustus lalu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung sempat menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo sudah mempertimbangkan sejumlah nama yang direkomendasikan. Namun, dari nama-nama tersebut, belum ada yang memiliki keterkaitan dengan partai politik. (Bs)

Subscribe to receive free email updates: