Pelayanan Disdukcapil Kota Batam Lamban Dan Kurang Nyaman, Membuat Masyarakat Resah

detiknewsocean.com, Batam ~ Sejumlah masyarakat yang berkunjung dari berbagai penjuru sudut kota yang hendak akan melengkapi berbagai surat-surat seperti Kartu Tanda Penduduk-El (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), Pencatatan Sipil Akta Perkawinan/Surat Nikah dan Akta Kelahiran, Surat Pindah atau dokumen administrasi kependudukan lainnya, merasa sangat kecewa dan tidak nyamannya atas pelayanan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam Sekupang.

Pantauan dari DNO, Selasa (31/8/2016), bahwa warga ramai mengantre untuk mengurus KTP-el, KK dan Akte Lahir anak.

Tidak sedikit warga yang sangat kecewa karena sudah lama mengantri untuk mengambil KTP-el dan KK dengan di tanggal yang sudah dijanjikan, tapi ternyata KTP-el dan KK tersebut belum selesai juga, sehingga membuat warga yang datang merasa resah atas pelayanan Disdukcapil Batam tersebut.
Pelayanan Disdukcapil Kota Batam Lamban Dan Kurang Nyaman, Membuat Masyarakat Resah
Beberapa Warga Yang Sedang Mengantri Kepanasan Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil
(Disdukcapil) Kota Batam Sekupang/detiknewsocean.com
Seperti yang dialami oleh Ibu Rini, Ibu ini yang datang dari Batu Ampar untuk pengurusan akte lahir anaknya mengatakan, kurang nyaman dan lambannya pelayanan kantor tersebut, "kita sudah tiba dari jam 07.00 s/d 12.00 Wib untuk mengantri pak tapi belum di panggil-panggil juga, udah tempat atrinya panas, kasihan anak saya pak, ujarnya dengan wajah marah.

Di tempat terpisah seorang wanita berinisial AN yang juga lagi mengurus surat pindah datang ke kantor tersebut, merasa berkasnya sudah semua di lengkapi tapi belum berhasil.

"Surat permohonan saya sudah semua saya lengkapi dari Rt, Rw, Lurah Dan Camat sudah saya lampirkan tapi ada ada aja kurangnya’.

An mengataka bahwa, “dirinya juga sudah beberapa kali datang ke kantor Disdukcapil ini namun berkas saya belum selesai juga, ungkapnya penuh kesal.

Pelayanan Disdukcapil Kota Batam Lamban Dan Kurang Nyaman, Membuat Masyarakat Resah
Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil
(Disdukcapil) Kota Batam Sekupang/detiknewsocean.com
An berharap pemerintah bisa memperbaiki pelayanan pembuatan segala administrasi kependudukan karena banyak persyaratan berbagai keperluan yang menggunakan kependudukan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih tujuan utama Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan dimaksud adalah untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, menjamin akurasi data kependudukan dan ketunggalan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta ketunggalan dokumen kependudukan.

Hasil pantauan awak DNO bahwa, Kantor Disdukcapil Kota Batam memang terlihat sangat memprihatinkan, dari segi tempat duduk masyarakat yang mengantri yang begitu panas, dan pelayanan staf kantor yang terlihat sibuk tak jelas.

Sampai berita ini di kirim, kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sekupang Mardanis, AMP.SE. belum bisa di konfirmasi. (Ps)

Subscribe to receive free email updates: