Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli

DNO (detiknewsocean.com) ~ Seperti yang sudah diulas di atas bahwa pengertian kesehatan tidak hanya mencakup kesehatan badan tetapi juga kesehatan mental atau psikis. Pertama akan dibahas mengenai kesehatan tubuh terlebih dahulu. Dibandingkan kesehatan mental, kesehatan tubuh paling mudah dilihat dan diidentifikasi, karena dari luar sudah dapat diprediksikan apakah seseorang sedang sakit atau sehat. Terdapat alat juga untuk mendeteksi penyakit seseorang, seperti stetoscop, alat radiologi, CT Scan, dan masih banyak lainnya.

Berikut adalah pendapat para ahli terkait defenis dari Kesehatan :

1. Perkins (1938)

Sehat adalah keadaan yang seimbang dan dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh dan berbagai factor yang mempengaruhinya.

2. WHO (1947)

Sehat adalah keadaan yang sempurna dari fisik , mental ,dan social, tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.

3. White (1977)

Sehat adalah keadaan dimana seseorang pada waktu diperiksa tidak mempunyai keluhan apapun ataupun tidak terdapat tanda-tanda suatu penyakit dan kelainan.

Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli
Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli (detiknewsocean.com)
4. Paune (1983)

Sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri( self care resources) yang menjamin tindakan untuk perawatan diri (self care action) merupakan pengetahuan ketrampilan dan sikap. Self care action merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukan untuk memperoleh , mempertahankan, dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual.

5. Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam musyawarah Nasional Ulama tahun 1983

Kesehatan sebagai ketahanan ‘jasmaniah, ruhaniyah, dan sosial’ yang dimiliki manusia sebagai karunia Allah yang wajib disyukuri dengan mengamalkan tuntunan-Nya, dan memelihara serta mengembangkannya.

6. Neuman 1982

Sehat adalah suatu keseimbangan biopsiko – sosio – cultural dan spiritual pada tiga garis pertahanan klien yaitu fleksibel, normal dan resisten.

7. Menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. 


Dasar Hukum :

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan

Referensi :
  1. Notoatmodjo.S. 2000, Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar, Jakarta,
  2. Azrul, aswar. 1993, Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta : Binaputra Aksara.

Subscribe to receive free email updates: