Terdakwa Wardiaman Zebua, Akan Banding Atas Vonis Pidana Seumur Hidup Oleh Majelis Hakim PN Batam

detiknewsocean.com, Batam ~ Terdakwa Wardiaman Zebua, divonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Batam yang diketuai oleh Hakim Zulkifli menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup dalam kasus pembunuhan Dian Milenia Trisna Afifa (siswi SMAN 1 Batam) di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Rabu (3/8/2016) sore.

Terdakwa dinyatakan bersalah oleh Majelis Hakim Zulkifli, Iman Budi dan Hera Polisi, telah melakukan pembunuhan berencana terhadap korban. Menurut Majelis Hakim, unsur Pasal 340 KUHP yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rumondang Manurung dan Bani Ginting, sesuai keterangan saksi, ahli dan alat bukti yang dihadirkan ke persidangan telah terpenuhi.
Terdakwa Wardiaman Zebua, Akan Banding Atas Vonis Pidana Seumur Hidup Oleh Majelis Hakim PN Batam
Sidang Terdakwa Wardiaman Zebua Di Vonis Pidana Seumur Hidup Oleh Majelis Hakim PN Batam Rabu, 03-08-2016
“Terdakwa dinyatakan secara sah dan bersalah. Maka, terdakwa dijatuhi hukuman pidana seumur hidup,” ungkap ketua majelis hakim Zulkifli.

JPU sebelumnya menuntut majelis hakim menjatuhkan hukuman mati kepada terdakwa. Karena jaksa menilai terdakwa telah menghilangkan nyawa seseorang hingga melakukan pemerkosaan.

Dalam sidang, Majelis Hakim berpendapat bahwa perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat dan seluruh hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap Wardiaman tak terbantahkan dan akurat. Bahkan, Majelis juga menilai tak ada hal yang bisa meringankan terdakwa dari hukuman atau melepaskannya dari segala tuntutan pidana.

Terhadap putusan itu, Wardiaman Zebua dan penasehat hukumnya (PH) Isfandir dan rekan, menyatakan banding. Sementara, JPU masih pikir-pikir, kendati hukuman yang dijatuhi Majelis Hakim tidak sesuai dengan tuntutan, hukuman mati.

"Saya tak bersalah, tak terima hukuman ini. Saya akan banding," tutur Wardiaman, sembari menangis.(JS)

Subscribe to receive free email updates: