Ternyata Buah Terong (Eggplant) Dapat Menurunkan Cholesterol & Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Buah Terong (Eggplant), Detik News Ocean (DNO) ~ Terong dengan beragam type yang ada, entah terong belanda, terong ungu, hijau maupun panjang merupakan salah satu menu favorite oleh beragam kalangan. Rasanya yang khas serta lezat untuk beraneka masakan menjadikan terong selalu hadir di berbagai menu kuliner.

Dibalik kelezatannya, sayur (disebut juga buah) terong ini memiliki banyak faedah serta manfaat untuk kesehatan. Kaya kandungan mineral (kalsium, besi) dan vitamin dan senyawa antioksidan aktif yang berperan untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh sampai mencegah pertumbuhan sel kanker.

Tak semua orang tahu serta memahami bagaimana caranya memasak yang direferensikan oleh pakar nutrisi supaya kandungan gizi didalamnya tak hilang. Dan tak menyebabkan efek samping yang sangat membahayakan untuk tubuh dalam jangka panjang.

Menurut Shubhra Krishan, seorang pakar gizi dan ahli herbal terkemuka, juga penulis buku laris dengan tema pengobatan tradisional (dalam Care2, 17/05/13) mengatakan bahwa ada 2 hal penting yang perlu di perhatikan dalam memasak terong.

Ternyata Buah Terong (Eggplant) Dapat Menurunkan Cholesterol &  Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh
Jenis Buah Terong (Eggplant) Ungu (detiknewsocean.com)
Berikut hal penting yang perlu di perhatikan dalam memasak terong, antara lain :

1. Kulit Terong Kaya Nutrisi

Memasak terong sangat dianjurkan untuk tidak mengupas atau membuang kulitnya. Lantaran konsentrasi kandungan " phytonutrients " (nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah serta menyehatkan otak) ada pada bagian kulitnya.

2. Stop Masak Dengan Digoreng

Menurut Shubhra, terong adalah bahan yang memiliki karakter menyerap banyak lemak. Begitupula saat terong dimasak dengan memakai minyak goreng, jadi akan menyerap banyak lemak. Dimana serapan lemak dalam jumlah banyak itu justru merugikan kesehatan. Dianjurkan dimasak lewat cara dipanggang.

Menurut Dr. Waluyo Soerjodibroto, Ph. D., DSG, ahfi gizi dari UI. Terong mempunyai zat tertentu, bisa menurunkan cholesterol. Artinya, mengonsumsi terong secara bersamaan dengan makanan berkolesterol, malah membuat cholesterol pada makanan itu menurun. Namun, itupun apabila terong di sajikan dengan cara di rebus atau kukus. Karena terong yang di beri bumbu yang dimasak dengan menggoreng, terlebih dimasak dengan santan, maka hilang semua khasiatnya, Yang ada hanya rasa nikmat di lidah.

Memang benar, segala sesuatu pasti ada ilmunya. Bila kita meremehkan dua hal di atas, tentu tujuan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari konsumsi terong tidak akan terwujud.

Berikut Manfaat Terong Bagi Tubuh :

Terong adalah hal yang menyenangkan untuk vegetarian. Selain menjadi pilihan yang untuk jenis masakan yang berbeda, juga memberikan banyak manfaat. Terong digunakan sebagai keperluan memasak dan termasuk yang termasuk ke dalam manfaat sayur sayuran. Sama seperti sayuran berwarna-warni lainnya, sayuran ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh, seperti berikut ((stylecraze.com, 18 Amazing Benefits Of Eggplant/Brinjal For Skin, Hair And Health, diakses 25 November 2014)) :
  1. Menyehatkan JantungTerong dapat menurunkan tingkat kolesterol dan juga membantu menstabilkan tingkat tekanan darah. Hal ini pada gilirannya akan menurunkan risiko penyakit jantung. Tubuh juga terus terhidrasi dengan baik berkat kandungan kalium dalam sayuran ini. Hal ini memastikan bahwa tidak ada retensi cairan yang mencegah penyakit jantung koroner.
  2. Membantu OtakTerong mengandung fitonutrien yang menjaga membran sel yang melindungi dari segala bentuk kerusakan. Memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain, sehingga melestarikan fungsi memori.
  3. Menurunkan Berat BadanTerong dianggap mengandung kadar air yang tinggi namun rendah kalori. Hal ini membuat terong sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan. Tekstur sayuran yang kenyal adalah karakteristik seperti ini adalah salah satu makanan harus dimakan dalam bentuk mentah sebanyak mungkin.
  4. Membantu pencernaanMenjaga sistem pencernaan yang tetap sehat terdapat pada terong karena kandungan serat yang baik. Hal ini akan mencegah sembelit dan resiko kanker usus besar juga dapat dihilangkan.
  5. Mengontrol Kadar Gula DarahTerong adalah sumber yang sangat kaya serat dan karbohidrat larut yang rendah. Jadi terong sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa. Terong merupakan pilihan makanan terbaik bagi orang yang menderita diabetes tipe 2. Baik juga untuk mengontrol gula darah.
  6. Kulit bersinarTerong mengandung kadar air dalam jumlah yang tinggi. Hal ini akan membantu tubuh dan menjaga tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik. Mineral dan vitamin juga membantu memberikan kulit yang baik.
  7. Melembabkan Kulit KepalaTerong mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang baik untuk memberikan nutrisi bagi kulit kepala untuk tetap sehat. Hal ini akan menghindari sejumlah masalah yang terkait terhadap kesehatan kulit kepala.
  8. Mencegah DiabetesNah masih terkait dengan kemampuan terong dalam mengontrol gula darah, ia sangat aktif untuk berperan mencegah diabetes yang dapat menyerang tubuh manusia.
  9. Baik untuk mencegah Penuaan diniKhasiat terong selanjutnya adalah untuk kulit secara menyeluruh. Terong mengandung vitamin E yang dapat berperan dalam membentuk dan mencegah penuaan dini. Konsumsi terong secara rutin di percaya dapat mengatasi kulit keriput dan mencegah penuaan dini.(S.Art)

Subscribe to receive free email updates: