Warga Seranggong Bengkong Sadai Melakukan Aksi Unjuk Rasa Terhadap BP Batam, Berharap Di Kampung Tuakan

detiknewsocean.com, Batam - Ratusan warga Seranggong Harapan Jaya, Bengkong Sadai, Kecamatan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau, melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Jumat (26/8/2016).

Para warga yang terdiri dari para kaum Orang Tua, Ibu-ibu dan para Pemuda dalam aksinya meminta pengusaha yang memperoleh Hak Pengelolaan Lahan (HPL) agar tidak melibatkan oknum aparat untuk menindas warga dan mereka menuntut hak atas kampung tua yang mereka tempati sejak lama terhadap BP Batam.

Warga membawa spanduk dengan tulisan "Kami Rakyat Indonesia, Bukan Penjajah Yang Harus Dilawan", “Kampung Kami Harga Diri Marwah Dan Adat Kami”.
Warga Seranggong Bengkong Sadai Melakukan Aksi Unjuk Rasa Terhadap BP Batam, Berharap Di Kampung Tuakan
Warga Seranggong Bengkong Sadai Saat Melakukan Aksi Unjuk Rasa Di Depan Kantor BP Batam, 
Udin Pelor, orator aksi unjuk rasa mengemukakan "Kami ini adalah warga negara Republik Indonesia, bukan penjajah, kami tidak mau diintimidasi oleh oknum-oknum yang membela pengusaha".

Disela-sela orasinya dan di terimanya utusan warga oleh BP Batam, ratusan pendemo ini menyanyikan lagu Iwan Fals tentang alunan lagu tanah moyangku.

Menuru Udin, Kampung Tua ini adalah kampung yang terlupakan pengurusannya selama ini oleh BP Batam.

"Kekhawatiran kami sudah cukup, karena tidak ada titik temu dengan pengusaha, tiba-tiba aparat TNI masuk, kami tidak mau lagi negosiasi, dan tidak mau di intimidasi," ujar Udin Pelor, perwakilan warga saat diskusi di ruangan Marketing Centre BP Batam”.

"Banyak kampung tua yang hilang, diantaranya yang sudah hilang itu, kampung tua Tanjung Kapur".

"Hari Kamis kami sudah rapat, sudah dimasukkan 37 titik kampung tua, yang ada di kota Batam, yang semula hanya berjumlah 34 titik," kata Udin.

Udin juga mengatakan, warga kampung tua Seranggong Harapan Jaya tidak pernah nuntut yang banyak-banyak.

"Tolonglah, kami tidak banyak disana, tapi kami punya marwah," ucapnya.

Udin berharap "Semoga pemimpin BP Batam yang baru sekarang lebih baik dari yang dahulu". (**)

Subscribe to receive free email updates: