Amancio Ortega Gaona Lampaui Bill Gates, Kini Menyandang Sebagai Orang Terkaya Di Dunia,

Detiknewsocean.com ~ Amancio Ortega Gaona adalah seorang pebisnis ritel jenius Spanyol. Ia merupakan ketua sekaligus pendiri grup busana Inditex, perusahaan yang menguasai jaringan toko pakaian dan aksesoris brand Zara. Menurut Forbes, per 7 September 2016, Ortega merupakan orang terkaya di Eropa dengan kekayaan bersih US$79,5 miliar dan saat ini ia tinggal bersama istri keduanya di sebuah apartemen tertutup di pusat kota A Coruña, Galicia, Spanyol, kini telah menyandang sebagai orang terkaya di dunia. Ortega telah resmi melampaui kekayaan Bill Gates.

Melansii dari laman Forbes, Saham bisnis Ortega Inditex, perusahaan induk untuk Zara, Massimo Dutti dan Pull & Bear, berdetak naik 2,5 persen pada Rabu 7 September 2016. Lonjakan nilai saham tersebut meningkatkan kekayaan pribadi Ortega sebesar USD1,7 miliar, dari USD77,8 miliar menjadi USD79,5 miliar. Sementara total kekayaan Gates bernilai sekira USD78,5 miliar.

Ortega lahir di Busdongo de Arbás, León, Spanyol, dan menghabiskan masa kecilnya di León. Ia adalah anak termuda di keluarganya. Ia pindah ke La Coruña pada usia 14 tahun karena profesi yang dijalani ayahnya, seorang pekerja kereta api. Saat masih remaja, Ortega bekerja di toko baju setempat bernama Gala, yang saat ini masih berdiri di tempat yang sama di pusat kota La Coruña.
Amancio Ortega Lampaui Bill Gates, Kini Menyandang Sebagai Orang Terkaya Di Dunia
Amancio Ortega Gaona
Tahun 1972, ia memulai karirnya sebagai pegawai toko di kota kelahirannya sebelum membuka bisnis sendiri dengan modal kurang dari USD100 dan mendirikan Confecciones Goa (kebalikan dari inisialnya). Kala itu dia dan istrinya Rosalia Mera, mulai membuat pakaian, piyama dan baju tidur di ruang tamu mereka.

Toko tersebut menjual jubah mandi tenun yang diproduksi ribuan wanita setempat yang tergabung dalam beberapa koperasi jahit. Pada tahun 1975 pasangan yang akhirnya bercerai itu, ia membuka toko Zara pertamanya. Diberi nama Zara karena nama kesukaannya, Zorba, sudah ada yang punya. Hari ini, Zara merupakan bagian dari grup Inditex (Industrias de Diseño Textil Sociedad Anónima) yang 59,29% sahamnya dipegang Ortega. Inditex memiliki lebih dari 6.000 toko dengan merek Zara,Massimo Dutti, Oysho, Zara Home, Kiddy's Class, Tempe, Stradivarius, Pull and Bear, dan Bershka. Jumlah karyawannya mencapai lebih dari 92.000 orang.

Delapan tahun kemudian, Ortega memperluas bisnisnya ke sembilan lokasi di seluruh Spanyol. Akhirnya pada 1984, dia membuka satu logistik center dengan luasan 10.000 kaki persegi.

Ortega sangat menutup diri dan bersikap sederhana. Baru pada tahun 1999 foto dirinya diterbitkan. Ia mengunjungi kedai kopi yang sama setiap hari dan makan siang bersama karyawannya di kantin kantor. Ia menolak mengenakan dasi dan biasanya cuma memakai seragam biasa berupa blazer biru, baju putih, dan celana abu-abu. Semuanya bukan produk Zara. Ia juga sangat aktif dalam menangani proses produksi dan desain di perusahaannya.

Ketika Ortega muncul di hadapan publik pada tahun 2000, pers keuangan Spanyol peristiwa ini secara besar-besaran. Saat itu ia menghadiri acara pemanasan sebelum penawaran umum perdana (IPO) Inditex tahun 2001. Ortega seumur hidupnya baru mengizinkan tiga jurnalis untuk mewawancarainya dan rahasia pribadinya mendorong sejumlah orang menulis buku tentang dirinya, seperti Amancio Ortega: de cero a Zara (From Zero to Zara).

Tidak seperti kebanyakan para retailer, Inditex hampir tidak bergantung pada iklan. Ortega malah mengabdikan sebagian besar sumber daya perusahaannya menjadi operasi ritel yang paling efisien di dunia.

Ketika perusahaan seperti Gap dan H & M mengambil lima bulan untuk merancang, membuat, mendistribusikan dan menjual produk-produk baru di awal 2000-an, Zara melakukannya dalam tiga minggu. Itu berarti perusahaan Ortega bisa bersaing menjaring p pembeli jauh lebih mudah dibandingkan pesaingnya dan juga harus menghabiskan lebih sedikit pada pergudangan.

Pada 2001 Ortega memulai debutnya sebagai miliarder dan berhasil masuk dalam daftar orang terkaya Forbes dengan nilai kekayaan bersih sebesar USD6,6 miliar. Pada saat itu, Gates sudah menjadi orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih USD58,7 miliar.

Pada tahun 2011, Ortega menyatakan pensiun dini dari Inditex, perusahaan induk Zara, dan meminta wakil presiden dan CEO Inditex Pablo Isla menggantikannya sebagai pemimpin raksasa tekstil ini. Pada tahun 2012, Ortega menyumbangkan 20 juta euro ke Caritas Internationalis, organisasi bantuan kemanusiaan Katolik Roma.


Sumber :
  1. Blanco, Xabier; Salgado, Jesús (2004). Amancio Ortega, de cero a Zara: El primer libro de investigación sobre el imperio Inditex. Esfera de los Libros. p. 271.ISBN 978-8-497-34167-7.
  2. Fuchs, Dale (13 January 2011). "End of the line for Zara tsar who built a €9bn empire". The Independent. Diakses tanggal 18 February 2011.

Subscribe to receive free email updates: