Bukan Hanya Galaxy Note 7 Yang Membawa Bahaya, Ternyata Samsung Galaxy S7 & S7 Edge Juga Dapat Menimbulkan Petaka

Detiknewsocean.com ~ Kejadian ponsel Galaxy Note 7 yang terbakar diduga gara-gara permasalahan baterai sudah banyak terjadi di berbagai belahan dunia, namun hingga kini penyebab persisnya belum diketahui pasti.

Laman Samsung Inggris sempat memuat penjelasan singkat mengenai hal tersebut, di mana disebutkan bahwa penyebabnya murni merupakan masalah pada baterai, bukan pada ponsel.

Samsung mengatakan overheating terjadi ketika komponen “anoda-ke-katoda” mengalami kontak.

“Ini adalah kesalahan proses produksi yang sangat langka,” tulis Samsung, sebagaimana dirangkum DNO dari GSM Arena, Selasa (13/9/2016).

Jadi, publik saat ini diramaikan oleh munculnya beragam kasus ponsel Samsung Galaxy Note 7 yang terbakar ataupun meledak. Namun siapa sangka, kasus serupa ternyata juga terjadi pada pengguna Galaxy S7 dan S7 Edge. Meski memang, intensitas terjadinya kasus Galaxy S7 dan S7 Edge yang terbakar atau meledak tidak setinggi Galaxy Note 7.
Bukan Hanya Galaxy Note 7 Yang Membawa Bahaya, Ternyata Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Juga Dapat Menimbulkan Petaka
Samsung Galaxy Note 7 & Samsung Galaxy S7 
Sejauh ini Samsung Electronics juga telah mengklaim beberapa perangkat miliknya di Amerika Serikat dan Korea Selatan terbakar.

Di Inggris, seorang wanita bernama Sarah Crocket mengaku kalau ponselnya tiba-tiba terbakar saat dirinya tengah bersantai bersama suami di sebuah coffee shop. Berbeda dengan kasus lain, ponsel ini terbakar saat dalam kondisi pengisian baterai. Ponsel itu diketahui telah digunakan oleh Sarah selama tiga bulan. 

Dalam insiden ini, Sarah dan suaminya baik-baik saja dan tidak mengalami luka apapun. Hanya saja, terbakarnya ponsel itu membuat data-data berharga yang tersimpan di dalamnya hilang. Termasuk di antaranya adalah foto anak Sarah yang berusia 4 tahun saat masuk sekolah pertamanya. Sarah pun sudah menghubungi pihak customer care Samsung. Pihak perusahaan tengah berusaha untuk menyelidiki kasus ini dengan serius. 

Terlebih hingga saat ini, tidak ada permasalahan keamanan yang muncul terkait smartphone Galaxy S7. Nampak Samsung bertindak cukup hati-hati dalam menangani kasus seperti ini. Kejadian terbakarnya Galaxy S7 milik Sarah ini juga terekam cukup jelas dalam kamer CCTV yang dipasang oleh pihak coffee shop. 

Dalam video itu, nampak kepulan asap yang cukup tebal. Dalam video juga terlihat betapa kagetnya Sarah setelah mengetahui ponsel barunya itu terbakar secara tiba-tiba. Lain halnya dengan kejadian yang menimpa seorang pemilik smartphone Galaxy S7 Edge. Seorang pria bernama Daniel Ramirez yang harus mengalami luka bakar cukup serius karena ponsel Galaxy S7 Edge yang meledak. Bahkan Daniel yang membeli Galaxy S7 Edge lewat Best Buy pada bulan Maret itu harus menjalani operasi, perawatan ekstensif serta terapi fisik untuk bisa pulih. 

Kejadian ini pun sudah diajukan ke pengadilan di New Jersey. Dikutip dari Softpedia, meledaknya ponsel Galaxy S7 Edge ini terjadi pada tanggal 30 Mei lalu. Pada saat itu Daniel tengah bekerja untuk proyek pembangunan sebuah toko buku yang ada di Ohio. (***)

Subscribe to receive free email updates: