Di Jakarta YouTube Menggelar Acara Bertajuk Pop-up Space Selama 3 Hari

Detiknewsocean.com, Jakarta ~ YouTube, media sosial video dari Google menggelar acara bertajuk Space Pop-up di MyStudio, JI. Bintaro Permai Raya No.8 Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Pop-up Space YouTube adalah sebuah fasilitas produksi untuk meningkatkan kualitas para pembuat konten. YouTube menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh para konten kreator untuk membuat sebuah karya video.

Berdasarkan penjelasan resmi dari penyelenggara, YouTube Space adalah fasilitas tempat produksi untuk mendukung para pembuat konten YouTube membuat konten yang baik, menghadiri acara perkumpulan dan lokakarya, menjalin hubungan dengan berbagai pembuat konten/industri profesional/dsb. Peserta juga dapat menghadiri workshop produksi hingga seminar YouTube untuk meningkatkan keterampilan dibutuhkan. Saat ini ada 9 Studio YouTube Space di 9 kota, yaitu LA, NY, London, Tokyo, Berlin, Paris, Sao Paolo, Mumbai, dan Toronto.

Dijelaskan lebih lanjut, Pop-up Spaces adalah salah satu inisiatif yang dibuat untuk mendukung komunitas kreatif di seluruh dunia dan sebagai investasi di dalam pertumbuhan konten kreator sejalan dengan misi YouTube Spaces: belajar, saling terhubung, dan menciptakan konten.

"Ini pop-up space pertama untuk Jakarta dan kami berharap tempat ini bisa membuka kesempatan para konten kreator untuk membuat koneksi dan kolaborasi baru dalam membuat konten YouTube," kata David MacDonald, Head of YouTube Spaces Asia Pacific di My Studio lokasi Pop-up Space di Jakarta, Kamis 8 September 2016. Ia mengatakan ruang produksi ini disediakan YouTube bagi konten kreator selama 3 hari.
Di Jakarta YouTube Menggelar Acara Bertajuk  Pop-up Space Selama 3 Hari
Di Jakarta YouTube Menggelar Acara Bertajuk  Pop-up Space Selama 3 Hari
Mulai dari Kamis 8 September hingga Sabtu 10 September, para konten kreator yang memenuhi syarat akan berkesempatan memanfaatkan fasilitas produksi yang disediakan YouTube.

Pop-up Space Jakarta menawarkan 2 ruang studio, satu ruang seminar atau lokakarya, satu ruang editing dan area taman terbuka sebagai area bersantai dan membangun jaringan.

Fasilitas lain yang disediakan adalah aneka perlengkapan untuk melakukan perekaman video seperti, kamera, pencahayaan (lighting), dua buah set panggung berupa mini cafe dan ruang tamu, satu buah set green screen atau layar latar hijau untuk kebutuhan video dengan efek-efek khusus. Pop-up Space juga menyediakan tenaga kameraman hingga editor video dengan peralatan lengkap.

Selama tiga hari, para konten kreator akan diberi kesempatan untuk memanfaatkan fasilitas studio, mengikuti kegiatan workshop atau lokakarya, dan pelatihan atau training mengenai cara membuat video yang baik.

Kegiatan YouTube Space pada hari Jum’at, 9 September 2016 dimulai pada pukul 9.30 – 11.30 WIB dengan Workshop untuk Kids Channel. Sesuai temanya, kegiatan yang bertempat di Studio 2 ini adalah untuk pemilik channel konten Anak-anak dengan Subscriber/Langganan dari 1.000 – 9.999. 

Workshop ini, akan memfokuskan pada trend terbaru dan berbagai kesempatan yang bisa didapatkan untuk para pembuat konten anak-anak & edukasi. Selanjutnya di tempat yang sama pada pukul 14.00 – 18.00 akan diselenggarakan Production Workshop. Di sini peserta dapat belajar tentang dasar keterampilan produksi! Kursus kilat dasar-dasar produksi ini adalah cara yang bagus untuk kreator yang baru belajar memproduksi video. 

Peserta dapat merasakan pengalaman langsung menggunakan fungsi-fungsi dasar kamera, pencahayaan 3 titik, dan merekam audio. Peserta juga dapat mengetahui cara membuat perangkat pencahayaan sederhana yang efektif hanya dengan 1 juta!

Selanjutnya di hari terakhir, yaitu Sabtu, 10 September 2016, masih di Studio 2, diselenggarakan event bertajuk “Creator Day” yang dapat diikuti kreator yang memiliki jumlah subscriber 1.000 – 10.000! Di sini peserta Belajar trik untuk memaksimalkan YouTube channel, meningkatkan subscribers, dan dasar untuk membuat konten bersama duta YouTube. Kemeriahan angkaian acara YouTube Space akan ditutup pada malam harinya pukul 18.00 – 21.00 WIB.

Sebelum ke Jakarta, YouTube Pop-up Space terlebih dahulu mendatangi Bangkok dan Seoul. (BSrg)

Subscribe to receive free email updates: