Foto Politikus Komisi III DPR Beredar Dukung Budi Gunawan Calon Kepala BIN

Detiknewsocean.com, Jakarta ~ Ketika uji kelayakan dan kepatutan Wakapolri Budi Gunawan sebagai Calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) berlangsung, sebuah foto selfie sejumlah anggota Komisi III DPR beredar di kalangan awak media.

Mereka yang berfoto itu adalah ‎Masinton Pasaribu dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Arsul Sani dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Desmond J Mahesa dari Fraksi Partai Gerindra, Daeng Muhammad dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), dan Ahmad Sahroni dari Fraksi Partai Nasdem.

Anggota Komisi Hukum di DPR ini memilih bergurau dengan caranya ketika Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Budi Gunawan menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kepala BIN. Mereka berinisiatif berfoto bareng sembari memegang kertas bertuliskan "Komisi III Dukung 'BG' Sebagai Kepala 'BIN'". Foto-foto itu kemudian tersebar atau disebarkan melalui jejaring pesan WhatsApp.
Foto Politikus Komisi III DPR Beredar Dukung Budi Gunawan Calon Kepala BIN
Foto Politikus Komisi III DPR Beredar Dukung Budi Gunawan Calon Kepala BIN
"Foto itu inisiatif spontan anggota Komisi III saat berada di ruang tunggu yang tertutup sambil menunggu jam rapat Komisi III dengan Menteri Hukum dan HAM," kata politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu melalui pesan Whatsapp di Jakarta, Kamis, 08 September 2016.

Masinton mengatakan gurauan itu dibuat atas inisitaif mereka menjelang Rapat Kerja Komisi III DPR dengan Kementerian Hukum dan HAM. Gurauan itu sekaligus mereka anggap sebagai dukungan moral kepada Budi Gunawan yang tengah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR yang satu dari mitra kerjanya adalah Badan Intelijen Negara. "Foto itu support moral untuk pak BG yang menjalani fit and proper test," kata dia.

Arsul Sani, membenarkan keberadaan foto dukungan terhadap Budi Gunawan. Ia berpendapat foto tersebut diambil sebagai gurauan di antara anggota Komisi. "Yang serius kan para haters DPR di medsos (media sosial)," kata Arsul melalui pesan WhatsApp dengan emotikon tertawa.

Kemarin, Budi Gunawan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR. Rapat Paripurna DPR hari ini akan memutuskan apakah DPR meloloskan Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara.

Presiden Joko Widodo mengajukan Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso sebagai calon Kepala Badan Intelijen ke Dewan Perwakilan Rakyat. Rabu, 7 September 2016, kemarin, ia menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Dewan Perwakilan Rakyat. Uji kelayakan berlangsung terbuka, tapi tanya jawab berlangsung tertutup.. (BSrg)

Subscribe to receive free email updates: