Luhut : Tax Amnesty Sukses. Ekonomi Tahun Depan Akan Menjanjikan

Detiknewsocean.com, Jakarta ~ Di tahun 2016 pemerintah kembali mengkaji kemungkinan penerapan kebijakan pengampunan pajak atau lebih dikenal sebagai kebijakan tax amnesty. 

Harapannya, dengan memberikan kebijakan pengampunan pajak ini, pihak-pihak yang menikmati kue pembangunan namun belum memberikan pembayaran pajak dengan benar, akan tertarik untuk segera melaksanakan kewajibannya.

Tax amnesty adalah penghapusan pajak bagi Wajib Pajak yang menyimpan dananya di luar negeri dan tidak memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak lewat imbalan menyetor pajak dengan tarif yang lebih rendah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak orang-orang kaya di Indonesia yang memarkir dananya di luar negeri demi menghindari kewajiban membayar pajaknya.

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Kemaritiman meyakini kondisi perekonomian ke depan akan lebih menjanjikan. Mengingat program tax amnesty atau pengampunan pajak yang dijalankan pemerintah terbilang sukses.
Luhut : Tax Amnesty Sukses. Ekonomi Tahun Depan Akan Menjanjikan
Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Kemaritiman. Detiknewsocean.com
"Pertumbuhan ekonomi saya kira tahun depan lebih baik karena tax amnesty punya dampak luar biasa dengan begitu data base pajak kita lebih banyak, jadi kita tau berapa banyak kira-kira uang yang kita take tahun depan," kata Luhut di Gedung BPPT, Rabu (19/10/2016).

Kendati begitu, dia menegaskan pemerintah harus tetap mewaspadai kondisi ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih.

"Over all saya kira sangat menjanjikan, tapi kita juga harus hati-hati menghadapi ekonomi global yang masih enggak menentu ini, sekarang infrastruktur terus jalan dan saya kira kekhawatiran budget kita banyak enggak mencapai sasaran dengan tax amnesty yang successful saya kira bisa terkendali dengan baik," cetus dia.

Sementara itu, Luhut menilai, selama dua tahun pemerintahan, stabilitas politik, ekonomi dan keamanan berjalan dengan baik.

"Masih banyak yang kurang tentunya dan masih perlu kita perbaiki, team work akan lebih ketat lagi supaya pencapaian-pencapaian lagi bagus," jelasnya. (JSh)

Subscribe to receive free email updates: