Senin Besok; LSM Barelang Laporkan Anggota DPRD Batam

Detiknewsocean.com, Batam ~ Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) seharusnya berfungsi untuk mengayomi dan menampung aspirasi-aspirasi rakyat, sekarang anggota DPRD malah lebih banyak sibuk dengan kepentingan pribadi dan kelompoknya masing-masing.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barelang, berniat akan melaporkan Anggota DPRD pada Senin, 10 Oktober 2016 atas adanya dugaan penyalahgunaan wewenang sebagai Anggota Dewan.

Hal ini disampaikan oleh Bapak YUSRIL KATO.SH selaku Ketua dari LSM Barelang.

“Rencana kita untuk melaporkan masalah ini, akan di sampaikan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Batam, pada hari Senin 10-10-2016. Terangnya, Sabtu (08-10-2016).
Senin Besok; LSM Barelang Laporkan Anggota DPRD Batam
Lokasi Perum Kontrakan. Pineop Siburia, Sabtu 08-10-2016/Detiknewsocean.com
“Anggota Dewan yang akan kita laporkan karena diduga telah menyalahgunakan wewenang selaku anggota dewan, dimana dia diduga menyalurkan dana atau menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBD ) Kota Batam, bukan pada tempatnya, tetapi untuk kepentingan pribadinya”.

“Dengan kedudukan, kewenangan dan kesempatan atau sarana yang ada padanya, terkesan menjabat sebagai anggota DPRD Kota Batam ia menggunakan atau memanfaatkan untuk mendapatkan APBD pada dirinya.
Senin Besok; LSM Barelang Laporkan Anggota DPRD Batam
Lokasi Jalan. Pineop Siburia, Sabtu 08-10-2016/Detiknewsocean.com
Hal ini patut diduga melakukan penyalahgunaan APBD Kota Batam. Dimana, tiga Proyek fisik jalan yang bersumber dari APBD Kota Batam sebesar RP. 1.807.665.012,- yang di alokasikan ke perumahan kontrakan milik pribadi dengan tujuan menguntungkan diri sendiri dengan cara menguras keuangan negara”, Ujar Yusril.

“Adapun acuan kami untuk melaporkan hal ini adalah sesuai dengan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi :
“Setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan, atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan atau denda paling sedikit Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)”
Senin Besok; LSM Barelang Laporkan Anggota DPRD Batam
Pineop Siburia, Sabtu 08-10-2016/Detiknewsocean.com
“Untuk objek perkara pengaduan LSM Barelang adalah bahwa Pengerasan (Bauksit) jalan kp. Jabi Batu Besar, Dinas Pekerjaan Umum Kota Batam APBD 2014 dengan Kontraktor CV. MINANG BATUAH.HP. Sebesar Rp 431.884.427.

“Pembagunan Jalan Semen Paving/Semen Kel.Batu Besar' Dinas Tata Kota Batam APBD 2015 dengan Kontraktor CV. PUTRA CANEMANDIRI.HP.Sebesar RP. 351.305.ooo.

Peningkatan jalan kampung jabi kel.Batu Besar Dinas Pekerjaan Umum Kota Batam APBD 2016 dengan kontraktor CV.TRI DIMENSI SINERGI. HP. Sebesar Rp. 1.024.475.585. (PSb)

Subscribe to receive free email updates: