Oknum Pejabat Disdik Batam Lakukan Penyalahgunaan Wewenang : Bisnis Seragam Sekolah, Perkaya Diri Sendiri

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Dinas Pendidikian (Disdik) Kota Batam diduga melakukan Penyalahgunaan Jabatan ataupun kekuasaan (abuse of power). Dengan jabatan yang dimilikinya digunakan untuk suatu tindakan mencari keuntungan pribadi atau memperkaya diri sendiri yang menggunakan kesempatan pada posisinya saat ini.

"SY" inisial yang tidak mau dberitakan namanya ini, memberikan informasi kepada awak Media DNO saat di jumpai diseputaran DC Mall Nagoya Batam mengatakan "bahwa adanya Oknum Pejabat Disdik Batam "RE" Bermental Korup atau melakukan penyalahgunaan wewenang terhadap penjualan seragam Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang sudah menyalahi aturan sebagai Oknum PNS" Kamis, 17-11-2016 pukul 15.30 Wib.

Dugaan terhadap “RE” adalah perbuatan melawan hukum dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau suatu korporasi dengan menyalahgunakan kewenangan, sarana atau kesempatan yang ada padanya karena jabatan atau kedudukannya.
Oknum Pejabat Disdik Batam Lakukan Penyalahgunaan Wewenang : Bisnis Seragam Sekolah, Perkaya Diri Sendiri
Illustrasi Seragam Pendidikan Indonesia. Detiknewsocean.com
"SY" menerangkan bahwa "Penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan Oknum PNS Disdik Kota Batam adalah sangat bertentanagn dengan kepentingan umum atau untuk menguntungkan kepentingan pribadi, kelompok atau golongan. Pejabat tersebut adalah benar ditujukan untuk kepentingan umum, tetapi menyimpang dari tujuan kewenangan yang ada padanya". 

"Adapun peraturan yang dilanggar dalam praktik jual beli seragam yang dilakukan oleh “RE” oknum Pejabat Disdik Kota Batam adalah Pasal 181 Jo 198 Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan  yang secara singkat bertujuan dan bertuliskan pendidik atau tenaga pendidik, komite sekolah dan dewan pendidikan, baik secara perseorangan atau kolektif, tidak diperbolehkan untuk menjual pakaian seragam ataupun bahan seragam". (Baca : Biar Aman "Oknum Bea Cukai Batam Lakukan Pengawalan Perjalanan Kapal Penyelundup")
Oknum Pejabat Disdik Batam Lakukan Penyalahgunaan Wewenang : Bisnis Seragam Sekolah, Perkaya Diri Sendiri
Dinas Pendidikan Kota Batam. Detiknewsocean.com
""RE" turut juga melanggar yaitu Pasal 4 Bab IV Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2014 yang bertuliskan, pengadaan pakaian seragam sekolah diusahakan sendiri oleh orangtua atau wali peserta didik dan pengadaannya tidak boleh dikaitkan dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru atau kenaikan kelas", tegas "SY".

Lanjut (SY) menerangkan "bahwa diketahui sedikitnya 45 % atau sebesar Rp. 3.007.260.000 keuntungan untuk memperkaya diri sendiri atau suatu korporasi yang diraup dari hasil total penjulan seragam sekolah sebesar Rp.6.682.800.000 di SDN dan SMPN Tahun Pelajaran 2016/2017". (Baca : Bangunan Rumah Kopel Berdiri Diatas Drainase "Diduga Pake ‘IMB’ Abal_Abal")

"SY" meminta "Kejari Batam periksa “RE” Oknum Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam yang diduga kuat menjadi “OTAK” bisnis seragam sekolah SDN/SMPN di Batam.

Terkait hal ini Kepala Disdik Batam belum bisa di konfirmasi untuk dimintai keterangan atas adanya keterlibatan Oknumnya. (PSb)

Subscribe to receive free email updates: