Polda Kepri Diminta Tangkap Pelaku Penipuan Dan Tertibkan Calo Paspor Berkedok Biro Jasa Di Batam

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Kegiatan para Calo (Makelar, Broker, Blantik, Perantara), pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam menjadi perhatian khusus yang cukup serius dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barelang. Sebab itu, hati-hati bagi yang akan mengurus keperluan surat perjalanan. Banyak penawar jasa atau calo mengambil keuntungan.

Hal ini diutarakan oleh Ketua LSM Barelang Yusri Koto “bagi yang akan mengurus keperluan surat-surat perjalan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Kota Batam berhati-hatilah, banyak calo mencari keuntungan yang cukup besar dan melakukan penipuan, sebab surat-surat seperti Paspor banyak tak kunjung juga selesai”, Minggu, 13-11-2016.

“Mereka banyak mengaku mudah (gampang) mengurusnya hanya untuk memuluskan aksinya, seperti yang dilakukan oleh calo Dullah di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam”.

“Dullah telah melakukan 2 (dua) kali penipuan untuk pembuatan Paspor terhadap konsumennya, sesuai dengan adanya pengaduan terhadap LSM Barelang” ujar Yusril.
Polda Kepri Diminta Tangkap Pelaku Penipuan Dan Tertibkan Calo Paspor Berkodok Biro Jasa Di Batam
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam
“Korban Ke-1, sebut saja beriniasial Sulis Eva W (35) warga Taman Kota Batam Kota. Pada Februari 2016 diminta Dullah sebesar Rp1,3 juta yang sanggup mengurus perpanjangan paspor selesai dalam waktu 1 minggu di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam. Sudah dilakukan pengambilan foto terhadap Sulis Eva W namun hingga sekarang walau uang sudah diterima oleh Dullah paspor yang diharap tidak kunjung selesai”.

“Korban Ke-2 (dua) Sebut saja, Siti Alamiah (30) warga Kampung Tengah RT 005 RW 010 Batu Besar, Nongsa – Batam. Pada 16-10-2016 diminta uang sebesar Rp3,3 juta oleh Dullah calo paspor berkedok Biro Jasa yang biasa berada ("gentayangan") di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam untuk urus Paspor baru, karena kehilangan Paspor di Malaysia. Dullah berdalih karena urus Paspor baru pengganti paspor hilang di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam sulit, Dulla meminta Siti Alamiah pada Selasa, 08-11-2016) datang ke Kantor Imigrasi Dumai dgn membawa foto copy paspor yang hilang + surat kehilangan + KK dan KTP kemudian setiba di Kantor Imigrasi Dumai terhadap Siti Alamiah dilakukan pengambilan sidik jari, foto, tanda tangan. Namun hingga sekarang uang sdh lenyap ditelan Dullah sedangkan Paspor yang ditunggu-tunggu tidak kunjung tiba”.

Ke-2 Korban penipuan ini didampingi Ketua LSM Barelang Yusril akan membuat laporan ke Kepolisian sekaligus minta pihak Polda Kepri TERTIBKAN Calo berkedok Biro Jasa di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam.

"Kedua korban akan kita dampingi untuk membuat pengaduan atas adanya perbuatan tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh Dullah terhadap korban" tutup Yusril. (SA&PSb)

Subscribe to receive free email updates: