Ketua PC FSPMI; Dimana Hasil Perundingan Upah Sektor

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Puluhan ribu massa Buruh dari Berbagai Serikat dan Persatuan Buruh melakukan aksi orasi dengan mendatangi Gedung Graha Kepri Batam Center untuk menyuarakan suara Buruh yang Tertindas di mata pemerintahan, Jumat, 2-12-2016.

Massa menuntut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan Dan Formula Kenaikan Upah Minimum agar dicabut, karna tidak selaras dan tidak mendukung jenis hak-hak para kaum buruh, adanya juga bersifat penjajahan dan didalam PP tersebut dianjurkan untuk berunding tetapi kami tidak bisa mengajukan pendapat terhadap kaum buruh.

Ketua PC FSPMI; Dimana Hasil Perundingan Upah Sektor
Perwakilan Buruh Dengan Pihak Instansi Pemko Batam Saat Melakukan Perundingan. Detiknewsocean.com
Hal ini dikatakan salah satu perwakilan Orasi dari  Dewan Pengupahan "Siregar" mengatakan "bahwa Pemerintah melakukan permainan dengan pengusaha. 

"Perwakilan Buruh diundang untuk berunding tetapi Pemerintah tidak memberikan hak berpendapat pada buruh pada 11 November 2016 lalu" ujarnya.

Ketua PC FSPMI; Dimana Hasil Perundingan Upah Sektor
Massa Dari Gabungan Serikat Buruh Saat Melakukan Aksi Orasi. Detiknwsocean.com
"Keputusan yang di setujui murni telah menginjak Hak-hak kaum Buruh".

"Pengusaha jangan memecah Rakyat, Pengusaha jangan memainkan hak-hak kaum Buruh, Buruh Siap untuk mempertahankan Hak Buruh dan tetap cinta NKRI" terangnya.
Ketua DPC FSPMI meminta dan berharap Pemerintah Memihak kepada Kaum Buruh.

Ketua PC FSPMI; Dimana Hasil Perundingan Upah Sektor
Ketua Sektor Aneka Industri (Garment) mengatakan "sektornya Tidak bisa di akomadir oleh pihak Apindo. Sampai saat ini tidak ada kepastian buat sektor Aneka Industri".

Siregar, Ketua PC, mengatakan lagi "Ada upaya pengusaha Pengusaha yang bertujuan hanya meloloskan UMK Saja. Dia meminta Peraturan di PP Nomor 78 tersebut pengupahan di lakukan dengan baik. Jangan jadi memecah belah Sektor yang Ada".

Ketua PC FSPMI; Dimana Hasil Perundingan Upah Sektor
Tagor N, selaku dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam menjelaskan "Sampai saat ini belum ada keputusan dari Gubernur terkait upah Sektor".

Dan dia berharap pihak perwakilan sektor mengusulkan Upah Sektor kepada Walikota Batam dan berunding disana, dan dilanjutkan untuk Bisa di Setujui oleh Gubernur. (PSb)


Subscribe to receive free email updates: