Korupsi, Satu Pejabat Pemkab Inhu Riau Ditahan

Detiknewsocean.com, Indragiri Hulu (Riau) ~ Satu orang pejabat dari lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) Riau, Encik Afrizal, dikabarkan sudah ditahan dan dititipkan di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru.

Encik Afrizal konon menjadi penghuni ‘Hotel Prodeo’ sejak hari Jumat (6/10/2017) atas perkara dugaan tindak pidana Korupsi (Tipikor) pencairan Kas Daerah (Kasda) sebesar Rp 1,4 miliar, tahun 2010.

Korupsi, Satu Pejabat Pemkab Inhu Riau Ditahan
Illustrasi Korupsi

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Inhu, Ir Hendrizal MSi, membenarkan ada pejabat itu ditahan Penyidik Tipikor Polda Riau.

“Barangkali untuk memudahkan penyidikan,” jawab Hendrizal, Jumat (7/10/2017) pagi.

Sebelumnya, Unit Tipikor Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Inhu mengusut dugaan korupsi uang kas daerah.

Bahkan pernyataan Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo SIK, saat dikonfirmasi wartawan membenarkan hal tersebut. “Memang ada pengusutan dugaan korupsi tersebut di Polres Inhu,” katanya, Kamis (25/2/2016).

Menurut Guntur, penyidik di Reskrim Polres Inhu tengah mengumpulkan alat bukti kasus ini dengan memeriksa sejumlah saksi dan mengumpulkan dokumen terkait.
Sebab data di Mapolda Riau menyebutkan, pada Januari sampai Maret tahun 2010 dilakukan pencairan dana dari rekening kas daerah sebesar Rp 1,4 miliar.

Uang itu diambil dari beberapa bank, diantaranya Mandiri, BNI, dan Indra Artha menggunakan cek dan formulir penarikan, demikian dikutip dari KORANRIAU.NET. (***)

Subscribe to receive free email updates: