Sertijab Ka Rutan Kelas II A Batam Beserta Peresmian Gedung Pelayanan Pengunjung

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Perwakilan Kepri melaksanakan kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Rutan Kelas II A Batam yang sebelumnya di jabat oleh David Hasudungan Gultom A.MD.IP., SH., M.H selanjutnya diserahkann kepada Robinson Perangin Angin A.MD., IP., S.H., M.Hum. Prosesi Serah-terima jabatan (Sertijab) berlangsung di lapagan Rutan Klas II A Batam dan Sekaligus peresmian gedung Pelayanan Pengunjung (P2) Rutan Kelas II A Batam di Jalan Trans Barelang, Kamis (26/10).

Sebelum ditunjuk sebagai Karutan, Robinso sebelumnya menjabat Kasubdit Registrasi di Kakanwil Sumatera Utara (Sumut) Medan. Sedangkan, David pindah jabatan baru menjadi Kepala Lapas Klas III A Gunung Sindur, Jawa Barat.

Sertijab Ka Rutan Kelas II A Batam Beserta Peresmian Gedung Pelayanan Pengunjung
Sertijab Ka Rutan Kelas II A Batam Yang Lama Kepada Yang Baru. Detiknewsocean.com, Kamis (26/10).
Acara ini dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Perwakilan Kepri Bambang Widodo, Kejaksaan Tinggi Negeri Batam, Direktur PT. Fajar Bhasti Sejahtera, Radiah Azhar, Perwakilan TNI/Polri, Bea Cukai Batam beserta awak media dan Instansi lainnya.

Dalam sambutan Robinson Perangin Angin menyampaikan ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan media yang hadir di acara sertijab dan peresmian gedung pengunjung Rutan Kelas II A Batam, pertama dalam hal ini kita akan meneruskan kinerja dari kepala Rutan sebelumnya, di satu sisi saya juga masih baru disini, sudah tentu saya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu, ucapnya.

Terkait dengan keadaan Rutan yang Over kapasitas, Robinson mengatakan bahwa "mereka (Ka.Rutan,red) akan memohon ke Kanwil untuk memindahkan lapas terdekat, yang mungkin akan dipindahkan ke lapas Tanjung Pinang untuk mengantisipasinya.

“Tentu kedepannya kita akan terus meningkatkan pelayanan terhadap Nara Pidana, agar mereka bisa mendapatkan bimbingan-bimbingan yang maksimal, supaya ketika nanti mereka kembali berbaur dengan masyarakat bisa memiliki kemampuan untuk berkarya dalam segi positif.” terangnya.

“Untuk warga binaan di rutan Batam saat ini menurut data yang ada sekitar 947 orang” jelas Robinson saat memberikan keterangan persnya di Aula Rutan Kelas II A Batam.

“Sebagai kerja awal sebelumnya Saya akan melakukan bimbingan-bimbingan internal terhadap Narapidana terkait program rutan Batam selanjutnya. kegiatan ini bertujuan agar mereka lebih betah lagi di dalam, sedangkan untuk program di luar tentunya kita akan bersinergi dengan instansi lain,” terangnya.

Sementara itu disaat bersamaan Kepala Rutan Kelas II A Batam yang lama, David H. Gultom berharap kepada kepala Rutan yang baru untuk bekerja lebih maksimal dari sebelumnya.

“Masih banyak lagi yang harus di lakukan pembenahan-pembenahan, mengingat bahwa di rutan Batam grafik kriminalitas semakin meningkat, di lain sisi pandangan tentang sosok dan pengalaman beliau sudah saat menjabat di Plt Sumatera Utara, untuk segi pengalaman sudah tidak di ragukan lagi.” terang David kepada awak media.

"Selain sertijab, Rutan Batam membuat MoU dengan pihak ketiga dalam hal ini PT Fajar Basthi, yang mana pihak ketiga tersebut merupakan perusahaan yang mengelola unit koperasi di Lapas ataupun Rutan yang ada diwilayah Indonesia" terang David Gultom.
Adapun MoU antara Rutan Batam dengan PT Fajar Basthi adalah dalam hal pembangunan gedung pelayaran kunjungan yang berada di halaman depan Rumah Tahanan Kelas ll A Batam seluas 190 m2 Sebagai kesepakatan dalam pelaksanaannya PT Fajar Basthi menghibahkan gedung layanan kunjungan seluas 190 kepada Rumah Tahanan Kelas Il A Batam.

Nantinya, gedung layanan kunjungan digunakan sebagai tempat pendaftaran kunjungan dan ruang tunggu bagi masyarakat yang ingin mengunjungi anggota keluarga atau kerabat yang menjadi warga binaan pemasyarakatan di Rumah Tahanan Kelas II A Batam. (***)

Subscribe to receive free email updates: