Bendahara Kabur Tanggung Jawab Kadishub

Detiknewsocean.com, Pekanbaru, (Riau) ~ Sudah dua bulan lebih Bendahara Dinas Perhubungan (Dishub) berinisial DH tidak masuk kerja. Ia diduga kabur dengan membawa kabur sejumlah uang kantor.

Dishub dan Inspektorat Pekanbaru sendiri telah melakukan pencarian terhadap DH yang menghilang sejak 7 September lalu. Termasuk dengan meminta keterangan dari pihak keluarga DH. Namun hasilnya nihil.

Bendahara Kabur Tanggung Jawab Kadishub
Firdaus
Meski telah cukup lama menghilang dan diduga membawa sejumlah uang kantor, Pemko Pekanbaru tak ingin melaporkan kasus ini ke pihak berwajib. Ada apa?

Menjawab pertanyaan ini, ‎Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT mengatakan, atas persoalan ini, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Kepala Dishub Kota Pekanbaru Aripin Harahap.

"Persoalan itu kami serahkan ke kadisnya. Yang bertanggung jawab dia (Kadishub, red). Ini kan bendaharanya, sehingga juga melekat pada kadisnya. Maka dua-duanya mesti bertanggung jawab," ungkap Wako kepada Riau Pos, Ahad seperti diberitakan Riaupos (19/11).

Ia mengaku sudah memberikan arahan yang jelas kepada kadishub. Ini, kata Wako, berdasarkan hasil pemeriksaan dan investigasi yang dilakukan Inspektorat Kota Pekanbaru.

"Saya kira arahan dari kami sudah jelas. Bagaimana sanksi kepegawaian itu harus diterapkan, mengingat yang bersangkutan sudah lama tidak masuk kerja," sampainya.

Terkini :
Hasil pemeriksaan dari Inspektorat sendiri diakui Wako sudah rampung. Tapi ketika ditanya mengenai berapa besaran kerugian yang dialami Dishub akibat ulah DH, Wako mengaku tidak mengetahuinya.

"Saya tidak tahu. Tanya ke Pak Kadis saja. Apabila ada kerugian, mereka berdua harus menyelesaikannya," tegas Wako.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Pekanbaru Aripin Harahap ketika dihubungi Riau Pos melalui via selular, nomornya dalam kondisi tak aktif. Pesan singkat yang dilayangkan juga belum ada balasan dari yang bersangkutan.(***)‎

Subscribe to receive free email updates: