Demonstrasi FSPMI Tetap Suarakan 8 Tuntutan di Hari Pahlawan

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Tepat pada Hari Pahlawan, Ribuan Buruh melakukan aksi unjuk rasa yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam di depan gedung Pemko Batam, Jumat (10/11).

Dalam aksinya kali ini, buruh menyerukan 8 (delapan) poin penting yang menjadi tuntutan mereka, yakni :
  1. Cabut PP78/2015
  2. Walikota Batam sediakan sembako harga terjangkau.
  3. Tolak kenaikan TDL, ATB dan Premium.
  4. Walikota Batam dan Gubernur Kepri, segera tetapkan UMK Batam 2018 tidak menggunakan PP78/2015.
  5. Segera buat Asosiasi menurut jenis usahanya.
  6. Gubernur Kepri segera membuat Pergub mengenai asosiasi usaha,
  7. DPRD Batam segera membuat Perda mengenai asosiasi jenis usaha
  8. BP Batam segera berikan hak milik atas tanah kepada masyarakat yg telah puluhan tahun membayar UWTO.
Massa Buruh di depan Kantor Walikota Batam, Saat melakukan Unjuk Rasa. Jumat 10/11/2017. Detiknewsocean.com
“Kami datang untuk mendorong Gubernur dan Walikota Batam Provinsi Kepri untuk menetapkan Upah Minimum Kota (UMK) Kota Batam tahun 2018,” ungkap Sekretaris FSPMI, Suprapto dalam orasinya.

"Kemudian kami menolak akan kenaikan Tarif Dasar Listrik Batam (TDLB) yang menurutnya membebani buruh, menolak kenaikan Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO) oleh BP Batam dan segera berlakukan upah sektoral".

"Kami meminta Walikota Batam segera mencabut rekomendasi UMK Batam 2018 yang didasarkan pada PP 78", ujar Pangkorda Garda Metal Kota Batam, Suprapto menyampaikan satu dari enam tuntutannya diorasinya di depan Gedung Pemko Batam.

Sebelumnya massa bergerak dengan berjalan kaki, kendaraan roda dua dan roda empat. Massa buruh memadati jalan Mukakuning, mereka berkumpul di sejumlah titik, diantaranya Simpang Basecamp, Halte depan Panbil Mal, Simpang Kabil sejak pagi dengan adanya pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Baca :
"Saya harap teman-teman kondusif dan melihat kawan di sisi kiri dan kanan kalian. Jangan sampai ada penyusup", kata Suprapto dengan pengeras suara di Simpang Panbil Pangkorda Garda Metal Kota Batam, ujar Suprapto mengingatkan para buruh yang berunjuk rasa untuk selalu menjaga kekompakan dan ketertiban.

Setelah menyampaikan tuntutan, massa buruh langsung membubarkan diri masing-masing.(***)

Subscribe to receive free email updates: