Ratusan Guru Honorer Di Madina, 11 Bulan Tak Terima Gaji

Detiknewsocean.com, Madina, Penyabungan (Sumut) ~ Panyabungan,Sumatera Utara-andalas Akibat selama 11 bulan belum mendapat kepastian terkait honor. Seluruh guru honor Tenaga Sukarela (TKS) se-Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar unjuk rasa ke gedung DPRD, Senin (27/11).

Ketua guru honor TKS SMA/SMK, Muhendri Hamid saat bertemu dengan anggota DPRD Madina di aula paripurna menyampaikan, hal seperti ini sudah dibayangkan bakal terjadi saat pertama kali terjadi peralihan kewenangan SMA/ SMK dari Pemerintah Kabupaten Madina ke Provinsi Sumut.
Ratusan Guru Honorer Di Madina, 11 Bulan Tak Terima Gaji
Demo Guru Honorer - Sebanyak 343 guru honor TKS SMA/SMK saat menggelar demo di depan gedung DPRD
Mandailing Natal, Senin.
Ternyata, kekhawatiran tersebut terbukti saat ini dengan tidak adanya kejelasan terkait honor yang sudah hampir setahun belum terealisasi atau lebih jelasnya sudah 11 bulan pada tahun ini.

"Di sini kami hadir untuk mengadukan nasib dan meminta tolong agar DPRD Madina dapat memerjuangkan nasib kami. Serta kami yakin Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution pasti masih mendengarkan suara rakyat kecil seperti kami," ujarnya.

Hamid menyatakan, kedatangan ke gedung dewan bukan untuk menyalahkan anggota DPRD Madina dan Pemerintahan Kabupaten Madina. "343 guru honor TKS se-kabupaten Madina yang hadir ini hanya ingin menyampaikan aspirasi kami sebagai masyarakat agar memperjuangkan nasib kami,"katanya.

Anggota DPRD Madina dari Fraksi Golkar, Ir H Wildan Nasution menjawab keluh kesah dan pangaduan 343 guru Honor TKS SMA/SMK se-Madina mengatakan, saat dilakukannya masa peralihan dari Dinas Pendidikan Madina ke Dinas Pendidikan Provsu, anggaran gaji guru honor TKS masih dianggarkan sebesar Rp3,8 miliar.

"Itulah kata kunci dari saya,"sebut Wildan seraya mengaku sedikit heran mengapa saat ini guru honor TKS SMA/SMK masih mengeluhkan nasibnya terkait haknya yaitu honor yang belum terealisasi selama 11 bulan sejak Januari 2017.

"Dan untuk lebih jelasnya nanti, kita akan memersilahkan Dinas Pendidikan Madina melalui perwakilannya yang telah hadir disini untuk memberikan kejelasan terkait hal ini,"katanya seperti dikutip dari Harianandalas.


Baca :
Kepala Dinas Pendidikan Madina, Jamilah SH melalui Kabid Dikdas, Dollar Hafriyanto Siregar SAP di hadapan seluruh guru honor TKS SMA/SMK dan anggota DPRD Madina menyatakan, memang benar seluruh gaji guru honor TKS SMA/SMK untuk 2017 memang telah dianggarkan sebelumnya.

"Saya menilai karena adanya keterlambatan proses terkait pembuatan SK dari Dinas Pendidikan Provsu sehingga terjadi keterlambatan pembayaran gaji guru honor TKS SMA/SMK hingga saat ini,"sebutnya. Kemudian, untuk mengurus dan memercepat proses yang terlambat ini, Dinas Pendidikan Madina siap membantu agar dapat memercepat terealisasinya pembayaran gaji honor guru TKS ini.

Pantauan andalas, hasil dari pengaduan nasib guru honor TKS SMA/SMK disimpulkan, solusi akan dikirim perwakilan dari DPRD Madina, guru honor dan Dinas Pendidikan Madina ke Dinas Pendidikan Provsu untuk memertanyakan kejelasan dan bagaimana penyelesaiannya.(***)

Subscribe to receive free email updates: