AC Milan Aceh AFC Bournemouth Agribisnis Aktor Amdal Arsenal Artis AS Roma Asahan Bahorok Banten Barcelona Batam Batangtoru Batubara Bawomataluo Bengkalis Berita Artis Berita Batam Berita Bisnis Berita Buruh Berita Economy Berita Entertainment Berita Hukum Berita Jakarta Berita Karo Berita Kepri Berita Korupsi Berita Langkat Berita Lingga Berita Lingkungan Berita Medan Berita Narkotika Berita Niaga Berita Otomotif Berita Padang Lawas Berita Pajak Berita Pendidikan Berita Politik Berita Sumatera Utara Berita Tanjung Pinang Berita Technology Binjai Bintan Bisnis Bitung Bola BP Batam Budaya Bundesliga Buruh Chelsea Chelsea FC China Cilacap Cina Cirebon Dairi Danau Toba Deli Serdang Depok Disclaimer DPR Dumai Duri Economy Eden Hazard Eintracht Frankfurt Emerson Energi Entertainment Financial Galang Gaya Hidup HAM Health Hukum Humbahas Humonaria Ilegal Indepth Indragiri Hilir Indragiri Hulu Informasi Inter Milan Internasional ITE Jakarta Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jokowi Kadin Batam Kemenkeu Kementerian Perindustrian Kementerian PUPR Kependudukan Kepri Kesehatan Ketenagakerjaan Keuangan Korupsi KPK Kriminal Kuliner Labuhanbatu Labuhanbatu Utara Lalu Lintas Langkat Life Style Liga Champions Liga Europa Liga Primer Limapuluh Lingkungan Liverpool lo Lokal London Lowongan Kerja Madina Makro Malaysia Manado Manchester City Manchester United Mauro Icardi Medan Menkeu Meranti MotoGP Narkotika nas Nasional Natuna News Nias Selatan Olahraga Otomotif Padang Sidimpuan Pajak Papua Parapat Paris Pariwisata Pekanbaru Pendidikan Hukum Pendidikan Lingkungan pendidkan Pendidkan Economy Penyabungan per Perbaungan Peristiwa Piala Europa Pneumonia Politik Premier League Real Madrid Religius Rembang Rengat Riau Rokan Hilir Rokan Hulu Saiins Sains Sejarah Selat Panjang Selebriti Semarang Sermon Siantar Sibolga Silangit Simalungun Sipirok Sosial Sport Sri Mulyani Style Sulawesi Sumut Surakarta Tajuk Rencana Tangerang Tanjung Balai Tanjung Pinang Tapanuli Tengah Tapanuli Utara Taput Tebing Tinggi Technology Tembilahan Terorisme Thailand The Blues Tokoh Tottenham Hotspur Tourism Tren Valencia Virus Corona Wapres

Indonesia Jadi Inspirasi Perkembangan Produk Google

Detiknewsocean.com ~ Indonesia dan negara berkembang lainnya seperti India, Brasil dan Filipina, menjadi inspirasi Google dalam mengembangkan produknya selama ini. Menurut Vice President Next Billion Users, Caesar Sengupta, inspirasi itu berawal dari tantangan di beberapa negara tersebut.

Ia mencontohkan fitur offline yang kini ada dalam aplikasi YouTube dan Google Maps berawal dari keterbatasan kecepatan dan akses internet di negara berkembang. Setelah sukses di jalankan negara tersebut, fitur itu diperluas secara global.

Indonesia Jadi Inspirasi Perkembangan Produk Google
Ilustrasi
"Negara berkembang sebenarnya menjadi inspirasi bagi negara maju. Misalnya saja kami hadirkan YouTube offline, Google Maps offline, yang ditujukan untuk negara berkembang ternyata sukses juga secara global," ungkap Caesar di kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis.

Melalui tim Next Billion Users (NBU), Google melakukan riset di negara berkembang guna menghadirkan produk yang relevan sesuai dengan kondisi di negara tersebut. Misalnya saja dalam hal pembuatan aplikasi Datally yang baru diluncurkannya, ia mengaku telah melakukan riset selama beberapa tahun.

Menurut Caesar, selama ini orang Indonesia seringkali tak sadar atau tak tahu pemakaian kuota data yang telah dihabiskan. Selain itu, mereka juga tak mengetahui aplikasi mana saja yang menguras kuota data.

Baca :
"Pengguna seringkali bertanya-tanya ke mana saja kuota data yang sudah terpakai. Kenapa tiba-tiba kuota datanya sudah habis padahal baru diisi beberapa hari," imbuhnya seperti dilansir dari Hariansib.

Oleh karena itu Google merilis aplikasi Datally guna mengontrol dan mengetahui aplikasi mana saja yang menghabiskan sebagian besar kuota datanya. Kemudian pemantauan juga dipermudah karena telah memiliki 'balon', sebuah jalan pintas berbentuk bulat, di layar smartphone saat mengakses aplikasi.

Balon itu digunakan untuk memantau penggunaan aplikasi yang sedang digunakan. Dengan mengetuk ikon tersebut, pengguna bisa menghentikan penggunaan data agar lebih hemat.

Aplikasi tersebut telah tersedia di Play Store dan bisa digunakan untuk pengguna smartphone Android mulai dari Lollipop 5.0. Sementara itu Google masih belum berencana untuk menghadirkannya di iOS. (***)
Label: ,
[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.