Membandingkan Generasi Terbaru Honda PCX dan Yamaha NMAX

Detiknewsocean.com, Jakarta ~ Keputusan Honda untuk menjual PCX generasi terbaru yang lebih murah memicu tanda tanya mengenai performa skuter matik bongsor generasi keduanya. Selain kerap dibandingkan dengan PCX generasi pertama, All New honda PCX juga akan disandingkan dengan Yamaha NMAX.

Seperti diketahui, Yamaha juga baru saja meluncurkan NMAX generasi terbaru untuk model 2018. Ada dua tipe NMAX yang dibanderol mulai dari hari Rp26,3 juta dan Rp30,2 juta.

Membandingkan Generasi Terbaru Honda PCX dan Yamaha NMAX
Honda PCX generasi kedua. (dok. CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jika dibandingkan, PCX terbaru yang dirakit di dalam negeri dibanderol seharga Rp27 juta untuk varian standar dan Rp32 juta untuk tipe ABS. Harga PCX terbaru lebih muarh Rp13 juta dibanding generasi pertama yang dipasarkan Rp40,5 juta.

Dari segi harga, Honda memang memnaderol PCX lebih mahal ketimbang Yamaha. Lantas, bagaimana dengan performa diantara keduanya?

Sepintas, baik PCX maupun NMAX memiliki tampilan yang tidak jauh beda dari generasi pendahulunya. Namun, kedua produsen tentu membekali sejumlah perubahan untuk skuter matik bongsor terbarunya.

Yamaha NMAX

Yamaha NMAX terbaru kini telah memakai new inverted LCD Digital Speedometer dan New Premium Seat Design yang dipadukan dengan dua tekstur kombinasi dan emboss logo NMAX yang disatukan dengan motif jahitan.
Membandingkan Generasi Terbaru Honda PCX dan Yamaha NMAX
Yamaha NMAX 2018. (dok. Yamaha)
Sementara pada kaki-kaki, Yamaha membekali NMAX dengan ban tubeless tapak lebar dan velg berbalut warna emas. Untuk menunjang keamanan berkendara, NMAX memakai New Rear Sub Tank Suspension (shockbraker tabung) yang juga dibalur warna emas.

Untuk pengereman, NMAX terbaru menggunakan Double Disc Brake yang dipadukan dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) yang membuat motor semakin aman dan stabil saat direm.

Suksesor NMAX masih dibekali mesin 155cc berteknologi Blue Core. Teknologi VVA (Variable Valve Actuation) pada mesin ini diklaim membuat NMAX memiliki torsi merata di setiap putaran mesin.

Baca :
Honda PCXTak mau kalah, Honda pun mengklaim membalut PCX menjadi lebih canggih mulai dari tampilan hingga ke fitur pendukung. Perubahan paling signifikan terlihat dari bodi samping yang lebih ergonomis termasuk desain baru untuk lampu depan dan belakang.

Ukuran velg ban kini lebih lebar dengan ukuran depan 100/80-14 dan belakang 120/70-14. Sejumlah fitur terbaru mulai dari penggunaan full digital panel meter untuk menampilkan informasi dan smart key system yang sudah terintegrasi dengan alarm, serta answer back.

Pada kedua variannya, PCX dilengkapi rear disc brake dan sistem pengereman ABS untuk varian tertinggi. Honda membekali motor ini dengan mesin berkubikasi 150cc yang dilengkapi system enchanced smart power (eSP), teknologi minim gesekan dan pendingin mesin. Demikian dikutip dari CNN Indonesia. (***)

Subscribe to receive free email updates: