Polres Labuhanbatu Musnahkan Barang Bukti Narkoba Senilai Rp 1 Miliar

Detiknewsocean.com, Labuhanbatu (Sumut) ~ Polres Labuhanbatu , Sumut musnahkan barang bukti, Shabu seberat 954,78 Gram, Ganja 9.354,56 Gram, dan ektasy sebanyak 211 butir hasil pengungkapan tindak kejahatan dari Satres Narkoba, Sabtu (30/12/2017).

"Seluruh barang bukti hasil ungkap tersebut dimusnahkan, dan itu merupakan hasil penindakan kurun waktu beberapa bulan di akhir tahun 2017" demikian dilaporkan Kasat Narkoba Polres Labuhanbatu AKP Jama Kita Purba SH,MH, disela-sela pelaksanaan kegiatan pemaparan Hasil ungkap Kasus Satreskrim dan Satres Narkoba Tahun 2017 di Mapolres setempat. Sabtu (30/12/2017).

Polres Labuhanbatu Musnahkan Barang Bukti Narkoba Senilai Rp 1 Miliar
Prosesi pemusnahan barang bukti narkoba senilai Rp 1 miliar di halaman Mapolres Labuhanbatu, Sumut. Detiknewsocean.com

Dijelaskan Kasat, adapun jumlah total barang bukti hasil penindakan di tahun 2017 yakni, Shabu seberat 1.165,09 Gram, Ganja 151.509,1 Gram, dan pil Ekstasy sebanyak 2.083 butir.

"Di pertengahan tahun 2017 lalu, juga pernah kita musnahkan sebahagian, dan saat ini tinggal sisanya yang dimusnahkan dengan hasil penindakan terakhir" paparnya.

Disisi lain, AKP Jama Kita Purba SH,MH menjelaskan, tahun ini adanya perbandingan hasil ungkap yang signifikan dengan tahun sebelumnya, dimana, di tahun 2016 pihaknya telah ungkap sebanyak 364 kasus dengan jumlah tersangka 476 orang, meliputi barang bukti Shabu 6.183,19 Gram, Ganja 111.017,42 Gram, dan Ekstasy 291,5 Butir.

"Di tahun 2017 ini, perkara yang kita ungkap sebanyak 544 kasus, dengan jumlah tersangka 674 orang, serta perkara yang telah diselesaikan sebanyak 500 kasus, demikian trend kenaikan capaiannya hingga rata-rata 41 sampai ke 59%" sebutnya.

Sebelumnya, AKBP Frido memaparkan, bahwa Narkoba di Labuhanbatu Raya ini dapat ditekan melalui pendirian Panti Rehabilitasi, dan diharapkan Pemerintah setempat dapat merencanakan pembangunannya se-segera mungkin.


Baca : 

"Coba kita bayangkan, dengan jumlah tersangka yang sangat banyak, bahkan pihak Lapas sudah menolak hasil tangkapan, salah satu upaya kita memutus mata rantai adalah dengan mendirikan panti Rehabilitasi, saya berharap pemerintah daerah dapat segera membangun panti tersebut" ujar Kapolres.

Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan dua proses, Shabu dan pil Ekstasy dimusnahkan dengan cara di blender, dab Ganja dengan cara dibakar. Pelaksanaannya dilakukan oleh unsur Forkopimda Labuhanbatu Raya.

Tampak hadir, Wakapolres Labuhanbatu Kompol Tris Lesmana Zeviansyah SIK,SH,MH, plt. Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih SH,MM, Asisten I Pemkab Labura, perwakilan Kejari, PN Rantauprapat, Kasat Reskrim AKP Fathir Mustafa SIK, Labfor Medan, HMI, dan sejumlah Perwira Kanit di Lingkungan Mapolres setempat. (AD/DNO)

Subscribe to receive free email updates: