PT. PSN Siap Luncurkan Satelit PSN VI Berkapasitas 15 Gbps

Detiknewsocean.com, Jakarta ~ PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) melakukan penandatanganan kontrak pembiayaan peluncuran satelit PSN VI. Export Development Canada, lembaga kredit ekspor asal Kanada akan mendanai pengembangan proyek ini.

PSN VI akan dibangun oleh Space System/Loral dari Amerika Serikat. Sementara untuk pengelolaan satelit akan dilakukan oleh PT PSN Enam Indonesia yang merupakan akan perusahaan PSN.

PT. PSN Siap Luncurkan Satelit PSN VI Berkapasitas 15 Gbps
Ilustrasi satelit. (dok. AFP PHOTO / CNES)
Berbeda dengan satelit komunikasi yang sudah ada, PSN mengklaim satelit besutannya akan menjadi yang pertama memiliki kapasitas 15 Gbps di Indonesia. CEO PSN Adi Rahman Adiwoso mengungkapkan alasan menghadirkan satelit berkapasitas besar.

"Kami berkomitmen terus membangun satelit baru yang lebih canggih untuk dinikmati oleh lebih banyak orang," jelas Adi disela presentasinya di Hotel Gran Hyatt, Jakarta, saat dikutip dari CNN Indonesia Selasa (5/12).

Satelit PSN VI dijadwalkan mengorbit pada akhir 2018 untuk mengisi slot orbit 146°BT. Adi mengatakan satelitnya nanti ditujukan untuk menyediakan layanan internet brodband untuk perusahaan dan lembaga di Indonesia.

Pengembangan Proyek Satelit Lain

Selain fokus pada PSN VI, PSN disebut juga tengah menyiapkan peluncuran Palapa-N1 pada 2019. Satelit yang merupakan kerjasama dengan Indosat Ooredoo ini disebutkan siap dikomersilkan pada 2020. Satelitnya sendiri akan dibangun oleh China.

Baca :
Lebih dari itu, firma ini juga tengah disibukkan dengan pembangunan satelit PSN VII. Meski peluncurannya hanya berselang dua tahun, tapi PSN VII memiliki kapasitas yang lebih besar yakni 100 Gbps. Sementara PSN VI hanya 15 Gbps pada 2019 dan Palapa N-1 yang meluncur pada 2020 hanya berkapasitas 12 Gbps.

PSN VII ini rencananya siap digunakan konsumen pada 2022. Saat ini PSN VII masih dalam tahap tender sehingga belum ditentukan siapa yang akan membuat, mengoperasikan, dan mendanai pengembangan proyek satelit ini.

PSN juga mengungkapkan kemungkinan kedepan untuk menambahkan kapasitas PSN VII lebih dari 100 Gbps. (***)

Subscribe to receive free email updates: