Halangi Penyidikan Novanto, Fredrich Yunadi dan Hilman Mattauch Dicekal KPK

Detiknewsocean.com, Jakarta ~ Mantan pengacara terdakwa Setya Novanto, Fredrich Yunadi dicekal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Fredrich dicekal bersama dengan mantan kontributor Metro Tv Hilman Mattauch terkait pengembangan kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP dengan tersangka Setya Novanto.

“Dicegah dalam proses Penyelidikan dugaan tindak pidana mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan dengan tersangka SN,” ujar juru bicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/1).

Halangi Penyidikan Novanto, Fredrich Yunadi dan Hilman Mattauch Dicekal KPK
Pengerjaan gedung 16 lantai yang akan digunakan untuk kantor lembaga anti rasuah itu telah memasuki tahap akhir. Gedung tersebut mulai dibangun sejak Desember 2013 dengan nilai kontrak Rp195 miliar direncanakan memiliki 70 ruang pemeriksaan dan gedung penjara yang mampu menampung 50 orang, 40 pria dan sepuluh wanita.

Febri mengatakan selain kedua orang tersebut, pihaknya juga ikut mencekal pengawal Novanto Reza Pahlevi dan Achmad Rudyansyah.

“Dicegah ke luar negeri selama 6 bulan terhitung sejak 8 Desember 2018,” kata dia.

Baca : 

Ia menambahkan Febri pencekalan dilakukan lantaran jika dibutuhkan keterangannya pihak-pihak tersebut tidak berada di luar negeri.

“Dasar hukum: Pasal 12 ayat (1) huruf b UU KPK,” kata dia saat dilansir dari Aktual. (***)

Subscribe to receive free email updates: