RSUD Embung Fatimah Batam Bakal Terapkan Pendaftaran Melalui SMS

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embun Fatimah, Kota Batam akan segera menerapkan sistem pendaftaran elektronik. Dengan sistem itu, calon pasien cukup mengirim pesan singkat atau SMS untuk dapatkan jadwal pemeriksaan.

"Supaya masyarakat mudah. Pasien berobat tidak antre lama. Jadi tidak ada lagi antre panjang, di situ sudah tertera jadwal pemerikaaanya," ujar Direktur RSUD Embung Fatimah, Ani Dewiyana, Rabu (04/04/2018).

RSUD Embung Fatimah Batam Bakal Terapkan Pendaftaran Melalui SMS
Gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embun Fatimah, Kota Batam/Batampos

Saat ini tim RSUD bersama Dinas Kominfo Kota Batam sedang menyusun sistemnya. Persiapan sudah dilakukan sejak sebulan lalu. Ditargetkan dapat terealisasi dalam waktu dekat.

"Mudah-mudahan minggu ini. Sebulan lebih kita kerjakan, tinggal penyelesayanya saja," katanya saat dilansir dari Batamtoday.

Ia mengatakan, selama ini 90 persen pasien RSUD Embung Fatimah adalah pasien tanggungan BPJS Kesehatan. Dengan sistem pendaftaran melalui SMS ini, diharapkan pasien lebih mudah untuk mendapatkan pengobatan.

"Bagaimana pasien mudah untuk berobat, dari mendaftar. Jangan sampai antrean banyak. Kita tambah tenaga supaya konter ditambah," kata Ani.

Baca :


Wali Kota Batam, Muhammad Rudi beberapa waktu lalu dalam apel pegawai Pemerintah Kota Batam mengatakan pelayanan publik nantinya harus daring (online) semua. Ia tidak mau lagi ada pelayanan yang sifatnya manual.

"Tetapi masyarakat Batam sudah siap tidak. Mungkin belum semuanya. Maka nanti tetap ada petugas yang membantu selama proses pendaftarannya," kata Rudi. (***)

Subscribe to receive free email updates: