Teddy: Urus Surat Pindah Sekarang Sudah Bisa Online di Disdukcapil Batam

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam terus berupaya memberikan layanan yang memudahkan masyarakat untuk memperoleh dokumen kependudukan, salah satunya dengan mengurus Surat Pindah secara online.

“Sistem online ini untuk mempermudah proses pelayanan publik dalam mengurus surat pindah, baik pindah keluar kota maupun warga yang datang ke sini,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Muhammad Teddy Nuh, di kantornya, Jumat (27/4/2018).

Teddy: Urus Surat Pindah Sekarang Sudah Bisa Online di Disdukcapil Batam
Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Disdukcapil Kota Batam Muhammad Teddy Nuh
Selain itu, dalam pengurusan surat kependudukan secara konvensional warga harus datang ke Disdukcapil dengan sejumlah surat pengantar dari RT hingga Kecamatan. Namun dengan sistem online tersebut, warga tidak perlu mendatangi Disdukcapil. “Sehingga sudah saatnya diperlukan inovasi menggunakan teknologi informasi untuk memudahkannya,” ucapnya.

“Jadi melalui teknologi ini akan lebih cep‎at.Sebab warga bisa mendaftar di rumah secara online,” imbuhnya, Sehingga lanjut Teddy, masyarakat tinggal mengaksesnya melalui alamat websitewww.DisdukcapilBisa.Batam.go.id alamat website untuk mengurus surat pindah tersebut.

Setelah itu, warga hanya tinggal ke kelurahan untuk minta dicetak dan disahkan form yang telah diisi melalui online di rumah.

“Selain mempermudah pelayanan, juga sekaligus mencegah adanya pungutan liar, dan menghidari pegurusan dari calo,” jelasnya seperti dikutip dari HMSTimes.

Jika terverifikasi maka akan ada pesan notifikasi melalui nomor ponsel dan email yang artinya surat pindah dalam bentuk fisik sudah jadi.

“Pemohon dapat langsung mengambil di kantor Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil pada jam kerja,” bebernya.

Sementara di tempat terpisah Masdi, warga Batuaji mengatakan sudah mudah sekarang urus surat pindah.

Baca :

“Kita gak perlu lagi datang ke Disdukcapil, cukup dengan daftar pakai online aja nggak ribet gratis lagi,” terangnya.

Hal senada Juga disampaikan Roni, semenjak bisa urus surat pindah melalui websitewww.DisdukcapilBisa.Batam.go.id. Ia mengaku tidak perlu lagi repot-repot antre di kantor Dinas Kependudukan Disdukcapil, karena di rumah daftar pun bisa sangat mudah bisa daftar kapan pun, pungkasnya. (***)

Subscribe to receive free email updates: