Buang Sampah Sembarangan Didenda Rp10 Juta Hingga Rp50 Juta

Detiknewsocean.com, Medan (Sumut) ~ Setiap warga maupun badan atau lembaga akan diberikan insentif oleh pemerintah daerah jika mampu melakukan inovasi dalam hal pengelolaan persampahan, termasuk yang melaporkan terjadinya pelanggaran terhadap Perda Persampahan.

Sementara bagi individu warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan dikenai sanksi berupa denda Rp10 juta atau pidana kurungan paling lama 3 bulan. Hal itu disampaikan anggota DPRD Medan H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP, Minggu (29/4) saat menggelar Sosialisasi Perda No 6 tahun 2015 tentang Persampahan di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru.

Buang Sampah Sembarangan Didenda Rp10 Juta Hingga Rp50 Juta
Ilustrasi Buang Sampah Sembarangan 
Adlin mengimbau sekaligus mengajak warga Kota Medan khususnya warga di Kelurahan Babura agar membudayakan hidup bersih yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.

Menurutnya, badan atau lembaga yang membuang sampah sembarangan akan didenda Rp50 juta atau pidana kurungan selama 6 bulan.

"Terlalu ekstrim kita kalau melaporkan ada orang yang buang sampah sembarangan. Mari sama-sama kita jadikan hidup bersih itu sebagai budaya, agar terhindar dari sanksi yang ada dalam Perda. Kita mulai dari diri kita sendiri dulu. Kalau kita sudah bersih, bukan hanya keluarga, lingkungan juga akan bersih," ungkap Sekretaris Fraksi Partai Golkar ini.

Senada dengan itu, Kepling 11 Suratman juga mengajak masyarakat agar menimbulkan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. "Bapak Ibu juga harus perhatikan jam petugas Bestari mengangkut sampah, agar sampah kita bisa terangkat," ajaknya.

Sampah Jadi Emas

Sementara itu, Camat Medan Baru Candra Simbolon menyampaikan, pihaknya saat ini sudah melakukan inovasi pemberdayaan masyarakat untuk pengelolaan sampah melalui bank sampah.

Baca :


"Pola pikir masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah kita rubah. Dari yang dulunya penerima dana cash menjadi penabung," katanya seperti dikutip dari Hariansib. Ia menambahkan, sistem menabung itu ada tiga kategori yakni menabung dana cash, menabung emas dan Sembako.

"Untuk tabungan emas, kita bekerjasama dengan Pegadaian. Jadi, sekarang sampah di Medan Baru bisa menjadi emas," ujarnya seraya menyebutkan ada 33 item sampah yang mereka terima. (***)

Subscribe to receive free email updates: