Polresta Barelang Amankan 72 TKI Ilegal Dari Pelabuhan Tikus Nongsa

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Sebanyak 72 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal berhasil diamankan tim macan Satreskrim Polresta Barelang, di pelabuhan tikus Nongsa, Kamis (5/3) sekitar pukul 04.00 WIB subuh. TKI yang datang dari Malaysia tersebut diamankan di Mapolresta.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan, membenarkan bahwasanya tim macan Satreskrim Polresta Barelang sudah satu minggu melakukan pengintaian terkait TKI yang datang dari Malaysia.

Polresta Barelang Amankan 72 TKI Ilegal Dari Pelabuhan Tikus Nongsa
Ilustrasi TKI Ilegal
"Baru tadi pagi kita berhasil mengamankan TKI yang berjumlah lebih kurang 70 orang, ditambah dari pengurus dan lain-lainnya masih dalam tahap pemeriksaan," ujarnya saat dijumpai sejumlah awak media di ruang kerjanya.

Dikatakan, pengamanan 72 TKI tersebut datang dari Malaysia. Berawal dari penyelidikan tim Macan Polresta Barelang, di lokasi turun maupun pelabuhan yang mereka gunakan berpindah-pindah.

"Makanya masih kita lakukan penyelidikan dan pemeriksaan," ujarnya seperti dilansir dari Haluankepri.

Baca :

Menurut AKP Andri Kurniawan, TKI yang diamankan tersebut diduga melanggar hukum pasal 120 tentang Keimigrasian. "Kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut, kita ekspose lebih lanjut, siapa yang bertanggung jawab, masalah pengurus dan lain-lainnya yang berada disekitar tempat kejadian," pungkas AKP Andri Kurniawan.

Sesuai dengan mekanisme, setelah menjalani pemeriksaan para TKI ini akan dikembalikan ke kampung halaman. Namun sebelumnya akan ditempatkan di tempat penampungan Dinas Sosial (Dinsos) Sekupang, sementara yang memiliki keluarga bisa dijemput langsung. (***)

Subscribe to receive free email updates: