Promosi Investasi BP Batam Bersama Kadin, 23 Perusahaan Plastik Masuk Batam

Detiknewsocean.comBatam (Kepri) ~ Hasil perjalanan promosi dan investasi BP Batam bersama Kadin Kepri ke Shanghai China sukses mendatangkan 23 Perusahaan Plastik untuk berinvestasi di Batam, hal ini merupakan lanjutan dari masuknya 2 investor lewat penandatanganan LOI oleh Discovering Resources dan Xiamen King Shining Trading.

"Perusahaan yang pasti ada 23, itu lanjutan dari yang kemarin. MOU sudah ada lagi," kata Deputi II BP Batam Bidang Perencanaan dan Pengembangan, Yusmar Anggadinata kemarin.

Promosi Investasi BP Batam Bersama Kadin, 23 Perusahaan Plastik Masuk Batam
Salah satu kawasan industri di Pulau Batam/Kabarbatam.
Angga melanjutkan perusahaan plastik yang akan masuk ke Batam bukanlah industri yang mengelola limbah beracun atau toxcit namun bergerak pada industri pengelolaan limbah plastik ro material dimana bisa didaur ulang. Untuk bahan olahan sendiri juga melalui verifikasi pada negara asal.

"Jadi sebelum masuk ke Batam disana ada laporan surveyornya dan ada transhipment inspection dimana ada pemeriksaan pada negara asal, setelah itu dikatakan oke oleh surveyor Indonesia baru dikirim kesini," sampainya seperti dirilis dari Haluankepri.

Setelah limbah plastik dilakukan pengolahan di Batam maka akan dirubah menjadi barang setengah jadi dan selanjutnya menjadi produk akhir sehingga bisa disuplai menjadi produk impor seperti alat rumah tangga dan komponen elektronik.

Ini merupakan konsep BP Batam untuk membangun sebuah ekosistem industri plastik dari hulu ke hilir di Batam. Mulai dari pengolahan sampah plastik sampai kepada pembuatan komponen terutama barang elektronik sepetti casing, cip, batre dan semua bahan yang terbuat dari plastik.

"Kita bangun sistem industri dari hulu ke hilir. Kita akan bikin mudah-mudahan dalam bulan depan, sehingga plastik bukan mengelola daur ulang tetapi bisa dikembangkan kearah produk antara dan akhir," tutup Angga.

Sebelumnya ada perusahaan yang berasal dari China tertarik untuk memindahkan usahanya di Batam, yaitu Xiamen King Shining Trading, dan langsung menandatangani Letter of Intent, dengan komitment investasi sebesar 5 Juta USD untuk tahap awal dan mampu menyerap tenaga kerja local sebanyak 150 orang.

Baca :

LoI ini ditandatangai oleh Mr Fang Fuquan dari Xiamen King Shining Trading dan Yusmar Anggaradinata, dengan disaksikan oleh Ketua Kadin Kepri sekaligus Presiden Direktur Wiraraja Group, Ahmad Makruf Maulana.

Fang Fuquan dalam kesempatan ini menyatakan bahwa akan memulai usahanya beberapa bulan kedepan dan memilih Wiraraja Industrial Estated sebagai tempat usahanya di Batam. Rencana kedepannya, total investasi akan mencapai 20 Juta USD dalam 2 tahun, dengan total karyawan mencapai 500 orang. (***)

Subscribe to receive free email updates: