Amsakar: Transformasi FTZ ke KEK Batam Masih Jauh dari Harapan

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan transformasi dari Free Trade Zone (FTZ) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) masih jauh dari harapan.

Hal ini dikatakan dia usai menghadiri rapat Jakarta bersama Tim Teknis yang juga dihadiri Ketua BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, Kamis (31/5) lalu.

Amsakar: Transformasi FTZ ke KEK Batam Masih Jauh dari Harapan
Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad
"Masih sibuk rapat saja. Sudah sembilan kali lebih pertemuan tentang ini. Padahal ini salah satu target yang harus dicapai pasca pergantian kepala BP Batam," kata Amsakar usai menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila di Dataran Engku Puteri, Jumat (1/6).

Amsakar menjelaskan, pertemuan yang kesekian kalinya ini, BP Batam memberikan paparan mereka mengenai perlu atau tidak KEK di Batam.

Dalam hal ini BP Batam memberikan penjelasan, saran termasuk masukan dari pengusaha beberapa waktu lalu yang sempat menyatakan keberatan mereka untuk tranformasi dari FTZ menjadi KEK Batam.

"Ini yang Pak Lukita sampaikan ke pusat," sebutnya.

Setelah penyampaian tersebut, mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam ini mengungkapkan peserta yang hadir dalam rapat sepakat tetap mengacu pada arahan Presiden Joko Widodo untuk tranformasi FTZ menjadi KEK.

Baca :

"Masih ada beberapa waktu lagi sebelum tenggat waktu yang diberikan Pak Presiden untuk memantapkan pembahasan KEK Batam ini," terangnya seperti dikutip dari jpnn.

Amsakar menambahkan, ke depan akan masih ada pembahasan lanjutan mengenai tranformasi ini. Pihaknya diminta menyiapkan format wilayah kerja, dan menggelar pertemuan bersama pengusaha.

"Ini untuk mengetahui lebih lanjut lagi pandangan pengusaha di Batam tentang KEK. Walaupun sebenarnya pemerintah pasti sudah memikirkan hal ini sebelum mengeluarkan kebijakan terkait FTZ Batam menjadi KEK," tambahnya.(***)

Subscribe to receive free email updates: