Jaminan Hidup Korban Pengungsi Sinabung Dicairkan Pekan Depan Dicairkan

Detiknewsocean.com, Medan (Sumut) ~ Jaminan Hidup (Jadup) bagi korban pengungsi erupsi Gunung Sinabung akan dicairkan pada pekan mendatang. Penyerahan bantuan lauk pauk itu akan diserahkan langsung oleh Menteri Sosial RI, Idrus Marham.

Selain itu, relokasi tahap III 2018, ditargetkan akan selesai pembersihan lahan seluas 480,11 hektar.

Proses relokasi bagi warga terdampak erupsi Gunung Sinabung yang sampai sekarang masih menyandang status Awas (Level IV) telah memasuki tahap ketiga juga terus dikoordinasikan.

Jaminan Hidup Korban Pengungsi Sinabung Dicairkan Pekan Depan Dicairkan
Ratusan warga pengungsi Gunung Sinabung memadati tempat pengungsian di Kabupaten Karo, beberapa waktu lalu.
Sekitar 3.376 jiwa dari 1.655 kepala keluarga (KK) akan direlokasi ke Desa Siosar, Kecamatan Merek. Relokasi tahap kedua dilakukan secara mandiri terhadap 1.682 KK dan tambahan 181 KK di 14 lokasi hamparan. Sementara relokasi tahap pertama sudah berada di Siosar dengan jumlah 370 KK.

Hal itu diungkapkan Menteri Sosial, Idrus Marham melalui Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat, di ruang kerjanya di Jakarta, Rabu (4/7) siang. Kedatangan Bupati Terkelin Brahmana di Jakarta didampingi Kadis Sosial Kabupaten Karo, Benyamin Sukatendel dan Kabid Sosial, Usaha Purba.

Dikatakannya, Jadup bagi pengungsi Sinabung tidak sudah tidak menjadi masalah lagi.“ Tadi sudah ditandatangani direktur untuk dicairkan. Sampaikan kepada saudara-saudara kita pengungsi, masalah Jadup sudah selesai,” ujar Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat, seperti disampaikan Bupati Karo lewat WhatsApp.

“Bila tidak ada halangan, direncanakan Menteri Sosial akan datang ke Kabupaten Karo untuk menyerahkan langsung secara simbolis Jadup kepada para pengungsi. Minggu depan tepatnya bulan ini. Sedang dikoordinasikan dengan protokol Kementerian Sosial, rencananya pada tanggal 12 Juli ini,” lanjutnya seperti dikutip dari Sumutpos.

Harry Hikmat juga mengatakan, pemerintah akan terus memperhatikan, dan memastikan bantuan bagi warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

“Itu untuk membuktikan bahwa pemerintah hadir dalam setiap masalah yang dihadapi masyarakat,” katanya.

Baca :


Dalam kunjungan koordinasi dan konsultasi ke Kementerian Sosial terkait sejumlah masalah pengungsi, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan, masalah jadup pengungsi sudah selesai.

“Direncanakan Rabu depan (12/7), sudah clear and clean, serta kemungkinan diserahkan secara simbolis oleh Menteri Sosial. Menyangkut persiapan relokasi tahap ke tiga, ditargetkan tahun ini, paling tidak bulan Oktober sudah selesai pembersihan lahan seluas 480, 11 hektar untuk lahan pertanian pengungsi,” pungkas bupati. (***)

Subscribe to receive free email updates: