Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16 2018 Tanpa Terkalahkan

Detiknewsocean.com, Jakarta ~ Tim nasional Indonesia tampil sebagai juara Piala AFF U-16 2018 usai mengalahkan Thailand. Kian impresif karena 'Garuda Asia' tak terkalahkan di sepanjang turnamen.

Timnas Indonesia U-16 menaklukkan Thailand lewat adu penalti di babak final yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8) malam WIB. Indonesia menang 4-3 dalam adu penalti usai bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16 2018 Tanpa Terkalahkan
JUARA: Tim Nasional Indonesia berpesta usai mengangkat trofi juara Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8). Indonesia juara setelah menaklukkan Thailand lewat adu penalti dengan skor akhir 4-3.

Indonesia unggul lebih dulu di babak pertama lewat gol Muhammad Fajar Fathur Rachman. Tampil dari bangku cadangan, Fajar, berhasil menjebol gawang Thailand setelah memanfaatkan umpan dari Andre Oktaviansyah. Indonesia pun unggul 1-0.

Thailand mampu membalas pada menit ke-73. Pemain cadangan Apidet Janngam berhasil membobol gawang yang yang dijaga Ernando Ari. Apidet tak mendapatkan kawalan dan dengan mudah menembakkan gol. Kedudukan imbang 1-1 hingga wasit meniup peluit panjang.

Pertandingan dilanjutkan dengan adu adu penalti. Indonesia sukses mencetak gol lewat Sutan Zico, Bagus Kahfi, Rendy Juliansah dan David Maulana.

Sementara Thailand hanya mencetak dua gol lewat Thanarin Thumsen dan Kittiphong Khetpara. Dua penalti lainnya dari Apidet Jannggam dan Pongsakorn Innet gagal karena ditepis Ernando Ari, kiper Indonesia.

Para pemain pun merayakan kemenangan usai Ernando Ari menepis tendangan Innet. Trofi juara diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi yang diterima kapten tim, David Maulana yang juga berasal dari Sumatera Utara. Sementara Bagus Kahfi didaulat sebagai top skor turnamen dengan 12 gol.

Gelar juara ini menjadi penegasan dari performa oke yang ditampilkan tim arahan Fakhri Husaini itu sejak awal. Mereka tak pernah tersentuh kekalahan sejak fase grup hingga partai puncak.

Di babak grup, Indonesia yang tergabung di Grup A menyapu bersih lima pertandingan. Indonesia mengalahkan Filipina, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, dan Kamboja untuk lolos sebagai juara grup.

Indonesia kemudian menghadapi Malaysia di semifinal. Bagus Kahfi dkk. meraih kemenangan 1-0 dan melaju ke babak final. Catatan tak terkalahkan Indonesia berlanjut di babak final. Di partai puncak, Indonesia bermain imbang 1-1 dengan Thailand sebelum menang adu penalti.

Ini jadi gelar juara perdana Indonesia di ajang Piala AFF U-16. Pencapaian terbaik sebelumnya adalah runner-up pada 2013.

Baca :

Perjalanan Indonesia di Piala AFF U-16 2018:

Fase grup
Indonesia 8-0 Filipina
Myanmar 1-2 Indonesia
Vietnam 2-4 Indonesia
Indonesia 3-0 Timor Leste
Kamboja 0-4 Indonesia

Semifinal
Indonesia 1-0 Malaysia

Final
Thailand 1-1 Indonesia (adu penalti 3-4).

Subscribe to receive free email updates: