Jelang Masa Kampanye, Polresta Barelang Siapkan Gakkumdu

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Menjelang masa kampanye pesta demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 dimulai, Polresta Barelang tengah mempersiapkan Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) tindak pidana pemilu.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki, di Mapolresta Barelang, Jumat (7/9) pagi.

Jelang Masa Kampanye, Polresta Barelang Siapkan Gakkumdu
Kantor Polresta Barelang yang terletak di Jalan Sudirman, Sukajadi, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Dikatakan Kombes Pol Hengki, menjelang masa kampanye pemilu 2019 Polresta Barelang mempersiapkan berbagai sumberdaya terutama personilnya. Dengan meningkatkan kemampuan-kemampuan pengetahuan dalam hal undang-undang pemilu.

"Besok sudah dimulai pelatihan untuk penyidiknya dalam tindak pidana pemilu, khususnya yang tergabung dalam Gakkumdu," ujar Kapolresta Barelang. Dikatakan, Gakkumdu merupakan gabungan dari Bawaslu, kejaksan maupun dari Satreskrim kita, Polresta Barelang yang bertugas menangani persoalan pidana pemilu.

Menurut Kombes Pol Hengki, bukan hanya Gakkumdu, dalam hal personil untuk pengendalian masa kita juga dilatih. Karena pada masa kampanye biasanya, terdapat kerumunan masa dari berbagai pasangan calon yang mereka idolakan. "Dalam hal personil dalam pengendalian masa kita latih terus," terangnya.

Melihat kondisi kota Batam hari ini, Kombes Pol Hengki, sejauh ini kota Batam dalam keadaan sangat kondusif. Bahkan sampai dengan sore hari ini sangat kondusif, karenanya perlu dijaga bersama.

Begitu juga, lanjutnya, kalau ada gerakan-gerakan yang memperkeruh, konflik sosial harus dicegah, agar tidak mencederai rasa aman dan nyaman masyarakat. "Mudah mudaham kerjasama dengan seluruh lapisan masayarakat. Pemerintah instansi terkait, sama-sama kita berperan aktif menjaga situasi aman," ujarnya.

Baca :

Untuk menjaga kota Batam baik hari ini, maupun menjelang masa kampanye pilpres 2019, Kombes Pol Hengki, mengatkan semua lapisan masayarakat baik,RT, RW, Lurah, Camat TNI Polri-nya. "Termasuk juga peran tokoh masyarakat, tokoh agama, semua punya tanggung jawab untuk menciptakan kondisi yang kondusif," terangnya seperti dilansir Haluankepri.

Sebagaimana jadwal KPU,masa kampanye pemilu serentak berlangsung pada tanggal 23 September 2018 mendatang. (Red)

Subscribe to receive free email updates: