SPBU Bilangan Sekupang Batam Layani Pengisian Premium Puluhan Jerigen

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Dugaan penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM), khusus jenis premium dan solar masih terus terjadi. Hal ini terungkap adanya Stasiun Pengisian Bahan-bakar Umum (SPBU) di bilangan Sekupang melayani pengisian Premium dengan puluhan gerigen.

Hal tersebut juga disinyalir menjadi satu dari sekian banyak penyebab cepatnya habis BBM jenis premium di berbagai SPBU yang tersebar di daerah 9 kecamatan di daerah Meandland Batam. Dari hasil pantauan Haluan Kepri di lapangan, saat sejumlah pengendara motor sedang antre untuk melakukan pengisian, salah seorang dengan menggunakan mobil melakukan pembelian premium menggunakan Puluhan gerigen.

SPBU Bilangan Sekupang Batam Layani Pengisian Premium Puluhan Jerigen
Pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM), khusus jenis premium dan solar dengan menggunakan puluhan gerigen.

Salah seorang konsumen yang hendak membeli BBM jenis Premium dengan menggunakan puluhan Jerigen tersebut mengakui bahwa pembelian puluhan gerijen tersebut untuk dikirim ke pulau. "Kita mengambil bahan bakar ini karena sudah memiliki izin mas dari pemerintah, makanya kita berani membelinya di SPBU ini, ujar AS seperti dilansir dari Haluankepri, meski tidak menunjukkan surat izin yang dimiliki.

Ditempat yang sama, saat dimintai keterangannya tentang konsumen yang membeli BBM jenis premium, pengawas SPBU justeru mengarahkan awak media ini ke Humas Pertamina Batam, "soalnya mengambil BBM Jenis premium mengunakan Jerigen mereka yang Lebih tau aturannya mas", ucap Pengawas SPBU yang enggan namanya disebut.

Humas Pertamina Batam, Rudi mejelaskan bahwa pada prinsipnya pembelian BBM dengan jerigen berbahaya dan rawan ada penyalahgunaan. Karenanya, Pertamina tidak mengizinkan SPBU melayani pembelian dengan cara seperti itu karena berpotensi membahayakan keselamatan bersama.

Baca :


Selain itu, kalaupun menggunakan wadah (solar) tidak untuk diperjual belikan kembali karena BBM di SPBU hanya untuk kendaraan yang mengisi di SPBU untuk keperluan sendiri saja. Pembelian Solar untuk nelayan atau petani kecil dengan wadah (memenuhi standard hsse) hanya dibenarkan apabila dibekali dengan surat rekomendasi resmi dari SKPD setempat.

Apabila terbukti SPBU tidak mengindahkan hal tersebut, Pertamina akan lakukan pembinaan. "Kalau seperti ini, terlebih BBMnya Premium sangat berbahaya bang, tidak dibenarkan dilakukan pengisian, jelas Rudi, saat di konfirmasi melalui akun Whatsappnya, Jumat (12/10) sore. (Red)

Subscribe to receive free email updates: