MS Pelaku Penipuan Puluhan Pencaker, Polisi Tahan Suami

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Setelah sukses menipu puluhan Pencari Kerja (Pencaker) di Batam, perempuan berinisial MS (30) kemudian memilih pulang kampung (pulkam) ke Palembang. Akibatnya, polisi terpaksa menahan suami MS, Kamis (22/11), guna penyidikan lebih lanjut.

Informasi yang dihimpun di lapangan, MS yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga ini sudah lama menjalankan aksinya. Dimana pelaku mengiming-imingi bisa memasukkan para korbannya bekerja di beberapa perusahaan di Mukakuning asalkan membayar sejumlah uang hingga jutaan rupiah.

MS Pelaku Penipuan Puluhan Pencaker, Polisi Tahan Suami
Ilustrasi Pancari Kerja.

Meski sudah membayar sejumlah uang, namun hingga berminggu-minggu sampai berbulan-bulan korban tak juga bekerja tapi malah hanya mendapatkan janji-janji. Terlebih lagi para korban sudah melakukan medical chek up di salah satu klinik dengan biaya sendiri atas arahan dari pelaku.

Setelah medical cek up, sejumlah korban menerima pesan bahwa sudah lulus medical dan segera datang ke perusahaan yang di tujuk MS kepada korbannya sesuai hari, waktu yang diinformasikan calo tersebut.

Tak tanggung-tanggung, Ms memberikan surat pengantar kepada korbannya untuk mendatangi perusahaan yang di tujukan. Namun disaat korbannya ke perusahaan yang di tujukan, pihak security perusahaan tak membenarkan informasi tersebut.

"Setelah kami medikal cek up, kami disuruh ke perusahaan yang ditujukan calo tersebut. Namun pihak securiti perusahaan tak membenarkan bahwa perusahaan telah melakukan penerimaan," ujar salah seorang korban yang enggan disebutkan namanya.

"Karena curiga, kami minta penjelasan langsung dengan mendatangi rumahnya. Namun kata suaminya jika si calo tersebut sudah pulang kampung dengan alasan salah seorang keluarganya meninggal dunia. Karena kami khawatir akhirnya kami membuat laporan ke Polsek Sagulung," ungkap sejumlah korban.

Penuturan yang sama juga diungkap oleh korban lainnya, bahkan jumlah korban mencapai 40 orang. Dengan taksiran kerugian hampir Rp90 juta. Karena MS meminta imbalan kepada korbannya dengan biaya yang berbeda-beda. "Dari puluhan korban yang kena tipu berbeda-beda meminta imbalan yang di minta si calo itu. Yang jelas mulai dari Rp3,5 juta sampai Rp6 jutaan," kata salah seorang korban ke petugas SPKT Polsek Sagulung, seperti dlansir dari Haluankepri.

Setelah membuat laporan pengaduan terkait penipuan tersebut, mereka berharap pihak kepolisian bisa segera menangkap calo tersebut supaya bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya. "Kami sangat berharap uang yang kami berikan bisa kembali," ungkap sejumlah pencaker yang menjadi korban.

Baca :


Sementara itu, saat dikonfirmasi Jumat (23/11) siang. Kapolsek Sagulung, AKP Dwihatmoko membenarkan peristiwa yang dialami pencaker tersebut. Karena para pencaker yang merasa ditipu langsung berbondong-bondong mendatangi rumah kediaman Ms, akhirnya pun kita mengamankan suami Ms sendiri sementara waktu.

Sedangkan perempuan tersebut sudah pulang kampung ke Palembang. Untuk lebih lanjut masih dalam penyelidikan. "Ya benar, cuma calonya masih di kampung halamannya di Palembang, jadi suami dari Ms masih diamankan sementara waktu sambil melakukan penyelidikan lebih lanjut," kata Dwihatmoko kepada awak media ini. (***)

Subscribe to receive free email updates: