Bakri, Ketua LSM AMAN: Wako Batam Berikan Sikap Antusiasme Pada Caleg

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Kabar tak sedap yang menghinggapi Wali Kota Batam, HM Rudi dimana ia dikabarkan melakukan kampanye terlarang dengan caleg DPR-RI dari NasDem, NK di hadapan warga Pulau Buluh dengan Video berdurasi 2 menit 39 detik dikabarkan beredar dan menjadi viral di media sosial.

Sehingga dengan adanya video tersebut dugaan-dugaan miring yang terjadi banyak dimedia sosial yang beranggapan buruk dengan adanya dugaan Wali Kota Batam melakukan kampanye diluar dari kapasitas dia sebagai kepala daerah.

Bakri, Ketua LSM AMAN: Wako Batam Berikan Sikap Antusiasme Pada Caleg
Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat “Aliansi Masyarakat Nusantara” (AMAN) Kota Batam Haposan Aritonang (Bakri Aritonang)/Detiknewsocean.com.

Dengan adanya video tersebut, Komisioner Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam, Pengawas Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Nopialdi Tanjung menuturkan, setelah melakukan rapat pleno pihaknya memutuskan untuk melakukan pemanggilan dan memeriksa kepada Walikota Batam, HM Rudi SE.

"In sya Allah, hari ini kami melakukan sebuah pemeriksaan kepada Pak Walikota Batam HM Rudi SE, tentang keterlibatannya dalam acara kampanye Celeg DPR RI Partai Nasdem, Nyat Kadir, atas adanya dugaan politik uang," kata Nopialdi Tanjung.

Artinya, ungkap Nopialdi, dalam pemeriksaan tersebut kita memberikan kesempatan kepada Walikota Batam memberikan keterangan dan klarifikasi, tentang temuan di lapangan sesuai dengan hal yang telah dilaporkan masyarakat beserta barang bukti.

"Apapun nanti hasil pemeriksaan, tentu akan disesuaikan dengan fakta faktanya yang ada. Kemudian kita lakukan Rapat Pleno bersama pihak Gakkumdu Batam, untuk mendapatkan sebuah keputusan yang tepat," ungkapnya seperti dikutip dari Haluankepri.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat “Aliansi Masyarakat Nusantara” (AMAN) Kota Batam Haposan Aritonang (Bakri Aritonang) menilai, apa yg dilakukan oleh Bpk HM. Rudi, SE selaku Walikota Batam dan caleg DPR-RI dari NasDem, Nyat Kadir adalah merupakan tindakan dimana mereka tidak terlepas dari beliau berdua adalah pengurus Partai Nasdem, Rabu (05/12/18).

Bakri Aritonang mengatakan “ Bahwa sanya Bpk HM Rudi adalah Sekretaris DPW dari Partai Nasdem Kepulauan Riau hingga sekarang ini, maka dengan status Beliau di Partai Nasdem, sudahlah wajib untuk melakukan dukungan moral kepada Partai Nasdem”.

“Dan hal ini adalah merupakan suatu bentuk sikap dukungan yang memberikan semangat terhadap kepada para kader Partai Nasdem itu sendiri untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang”.

“Seyoginya dia juga harus memberikan dukungan spirit kepada para Caleg yang diusung oleh Partainya sendiri. Sikap antusiasme haruslah diberikan kepada para caleg dari Partai Beliau sendiri” ujarnya.

“Dalam hal ini juga kita minta kepada Bawaslu Kota Batam agar mengambil sikap yang netral untuk menertipkan dan menindak semua apabila ada pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dan marak seperti sekarang ini dengan penggunaan alat peraga kampanye, Seperti brosur, poster, dan pamflet dan banyaknya iklan-iklan di media sosial yangg tidak taat aturan kpu” ucapnya.

Baca :

"KPU sendiri sudah mengatur desain dan materinya (alat peraga kampanye). "Selebaran brosur, pamflet, poster diatur dalam PKPU. Aturan yang dimaksud mengenai alat peraga ada di Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota” terangnya.

“Jadi Bawaslu Batam harus benar-benar netral dan bijak menyikapi segala permasalahan yang terjadi sekarang ini. Kita dukung penuh Bawaslu untuk menjalankan tugasnya sebagai pengawas pemilu yg bersih dan netral” tutupnya. (Red)

Subscribe to receive free email updates: