Polda Kepri Serahkan ke Kejaksaan Kasus OTT Suap PT.GMP Kepada KSOP

Detiknewsocean.com, Batam (Kepri) ~ Ditreskrimsus Polda Kepri menyerahkan berkas kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pulau Sambu Totok Sunarto, dan PT Garuda Mahakam Pratama (GMP) Elimansyah ke Kejaksaan. Penyerahan kasus tersebut masuk tahap satu, setelah melakukan pemeriksaan terhadap 15 orang saksi.

Dirkrimus Polda Kepri melalui Kasubdit III Tipikor, AKBP I Nyoman Dewa, mengatakan sejak Tanggal 26 November lalu berkas diserahkan kepada kejaksaan.

Polda Kepri Serahkan ke Kejaksaan Kasus OTT Suap PT.GMP Kepada KSOP
Anggota Ditkrimsus Polda Kepri mengawal dua tersangka Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang diamankan saat ekspos di Mapolda Kepri, Senin (5/11). Selain mengamnkan dua tersangka polisi juga mengamankan 9.200 dollar dan beberapa unit telepon genggam, komputer dan barang bukti lainnnya/Batam Pos.

Serta, sejauh ini masih hanya 15 orang saja yang diperiksa sebagai saksi. 15 orang tersebut terdiri dari pihak yang bekerja di Perusahan tersebut dan kantor KSOP. "Jadi ke lima belas orang yang kita mintai keterangan sebagai saksi, untuk memastikan keterlibatan kedua orang tersangka tersebut," ujarnya.

Dikatakan, saat ini Dirkrimsus Polda Kepri menunggu konfirmasi lebih lanjut dari kejaksaan. Apakah berkas tersebut lengkap atau kurang. "Saat ini kita menunggu saja, apakah berkas yang sudah kita kirim dinyatakan lengkap atau ada yang kurang," ujarnya.

Dikatakan, sejauh ini polisi masih pada penetapan dua orang tersangka saja. Namun, pihak kepolsian akan terus melakukan pengembangan.


"Dari pengakuan kedua tersangka tidak ada keterlibatan pihak lain, atau pihak yang diduga menerima aliran dana tersebut, hanya mereka berdua saja. Dan transaksi ini sudah sering dilakukan untuk memberikan uang pelicin agar pengurusan adminitrasi lancar," ujarnya saat dilansir dari Haluankepri.

Sebelumnya, dalam ekspose perkara yang dilakukan Polda Kepri, Kabid Humas Polda Kepri dan Ditreskrimsus Polda Kepri, Senin (5/11/2018) lalu, OTT KSOP Pelabuhan Sambu Totok S, dan Kepala GMP Elimansyah Hia terungkap, selama pemantauan polisi sejak awal Agustus 2018 lalu, sudah tiga kali PT KMP melakukan penyetoran untuk biaya labuh jangkar kepada pihak Syahbandar Pulau Sambu.

Baca :

Kedua tersangka kini telah didampingi tim pengacara masing-masing. Kedua tersangka kini juga masih mendekam di dalam sel tahanan Polda Kepri.

Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pulau Sambu Totok Sunarto dan kepala PT Garuda Mahakam Pratama (GMP) Elimansyah Hia ditangkap tim Ditreskrimsus Polda Kepri di Jakarta pada 2 November lalu. (***)

Subscribe to receive free email updates: