Ketua KPU Arief Budiman: Ada 6 Segmen Dalam Debat Perdana Pilpres 2019

Detiknewsocean.com, Jakarta ~ Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merancang susunan acara untuk pelaksanaan debat pertama capres-cawapres yang akan digelar pada 17 Januari 2019.

Dalam rapat antara KPU dengan perwakilan masing-masing paslon dan lembaga penyiaran menyepakati akan ada enam segmen dalam debat yang diikuti capres dan cawapres.

Ketua KPU Arief Budiman: Ada 6 Segmen Dalam Debat Perdana Pilpres 2019
Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman (tengah). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan, segmen pertama dalam debat nanti adalah penyampaian visi dan misi pasangan capres-cawapres selama 12 menit.

Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan terbuka. Pertanyaan ini telah disusun panelis dan sudah diberikan kepada masing-masing pasangan calon sepekan sebelum debat. Waktu yang akan diberikan per segmen adalah 25 menit.

Segmen keempat dan kelima, masing-masing pasangan calon melemparkan pertanyaan kepada pasangan calon lainnya, dan melakukan debat antarkandidat atas pertanyaan dan jawaban yang diberikan.

"Jadi akan berimbang dua segmen menjawab pertanyaan yang disusun oleh para panelis. Kemudian dua segmen menjawab pertanyaan yang disusun oleh masing-masing paslon," ujar Arief di Kantor KPU, Jakarta, seperti dilansir dari Tirto, Senin (7/1/2019).

Terakhir, segmen keenam masing-masing pasangan capres-cawapres akan diberikan waktu selama tiga menit untuk memberikan pernyataan penutup atau "closing statement".

Selain itu, rapat ini juga menyepakati tata letak (layout) panggung debat termasuk penataan meja, dan jumlah kursi undangan.

"Itu juga sudah kita putuskan semua tadi," jelasnya.



Setelah pelaksanaan debat, KPU juga akan menyelenggarakan konferensi pers yang wajib dihadiri oleh setiap ketua tim kampanye masing-masing paslon. Selama pelaksanaan debat hingga selesai, KPU ingin menunjukkan kebersamaan antar dua kubu pendukung paslon.

"Jadi kami ingin membangun kultur baru bahwa Pemilu ini bisa dilakukan kompetisinya dengan selalu bersama-sama selalu bergandengan tangan," pungkasnya. (***)

Subscribe to receive free email updates: