Sejarah: Momen Terbaik 35 Tahun, Final Sesama Klub Inggris Berpeluang di 2 Kompetisi Eropa

Sejarah: Momen Terbaik 35 Tahun, Final Sesama Klub Inggris Berpeluang di 2 Kompetisi Eropa
Gelandang Chelsea, Pedro, melakukan selebrasi usai membobol gawang Slavia Praha pada laga leg kedua perempat final Liga Europa di Stadion Stamford Bridge, Kamis (18/4/2019). Chelsea menang 4-3 atas Slavia Praha. (AP/Matt Dunham)

London, Detiknewsocean.com - Premier League sedang menikmati musim terbaiknya dalam 35 tahun terakhir. Mereka berhasil meloloskan empat tim ke semifinal dua turnamen utama Eropa (Liga Champions dan Liga Europa) pada musim 2018-2019 ini.

Liverpool dan Tottenham Hotspur mencapai 4 besar Liga Champions, sedangan Arsenal dan Chelsea menembus semifinal Liga Europa.

Terakhir kali Inggris mengirim empat tim di semifinal ajang Eropa terjadi pada 1983-1984 ketika UEFA menggulirkan tiga kompetisi.

Saat itu Liverpool hadir di Liga Champions yang masih bernama Piala Champions. Manchester United mengibarkan bendera di Piala Winners yang dihentikan pada 1998/1999. Sementara Nottingham Forest dan Tottenham Hotspur berjibaku di Piala UEFA, kini bernama Liga Europa.

Sepak terjang mereka menghadirkan dua pemenang. Liverpool membungkam AS Roma untuk mengangkat Si Telinga Besar di Liga Champions. Sedangkan Tottenham memenangkan Piala UEFA setelah menaklukkan Anderlecht.

Baca Juga :

Syarat dan Kesuksesan

Sejarah: Momen Terbaik 35 Tahun, Final Sesama Klub Inggris Berpeluang di 2 Kompetisi Eropa
Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente berselebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Manchester City pada leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad Stadium, Rabu (17/4). Tottenham Hotspur melaju ke semifinal Liga Champions meski kalah 3-4 atas City. (AP/Jon Super)

Capaian tersebut kini berpotensi terulang. Inggris bahkan berpeluang menciptakan dua derby di final. Syaratnya, Tottenham Hotspur menyingkirkan Manchester City sedangkan Liverpool menyisihkan Barcelona di Liga Champions.

Sementara Arsenal mesti membungkam Valencia dan Chelsea mengalahkan Eintracht Frankfurt di Liga Europa.

Inggris sebelumnya pernah menciptakan hal serupa pada dua kesempatan, tapi tidak bersamaan. Manchester United menghadapi Chelsea di final Liga Champions 2007/2008.

Sebelumnya Tottenham Hotspur bersua Wolverhampton Wanderers pada laga pamungkas Piala UEFA 1971/1972.

Total klub Inggris sudah memenangkan 28 gelar dari tiga kompetisi UEFA. Liverpool merupakan kontributor terbanyak lewat delapan trofi.

Baca :

Sumber: Bola.com

Subscribe to receive free email updates: