10 Manfaat Daun Pepaya, Atasi Ketombe, Diabetes, Perkuat Tulang Hingga DBD

Ilustrasi. Dibalik pahitnya daun pepaya, ada sejumlah manfaat 'manis' yang bisa Anda dapatkan dalam olahan daun pepaya. (Foto: shutterstock)

Detiknewsocean.com ~ Pohon pepaya tumbuh subur di tanah Indonesia, membuat buah dan daun pepaya sangat mudah didapat. Beberapa olahan daun pepaya yang populer ialah daun pepaya rebus yang dinikmati sebagai lalapan, tumis daun pepaya, serta buntil daun pepaya.

Walau cukup populer, namun tak semua orang menyukai rasa daun pepaya yang pahit. Butuh teknik memasak khusus agar rasa pahit daun pepaya bisa berkurang. Walau begitu, dibalik pahitnya daun pepaya, tersimpan sejumlah manfaat sehat yang telah dipercaya sejak lama.

Daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang diolah pada saat masih muda menjadi makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Disamping dapat diolah menjadi makanan yang lezat, daun pepaya dapat pula dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit. Helaian daun pepaya berbentuk menyerupai tangan manusia.

Melansir dari laman Doktersehat, Minggu (29/09/19), berdasarkan sebuah penelitian, kandungan daun pepaya memiliki Tocophenol sebanyak 35 mg dalam setiap 100 mg. Sedangkan pada daun pepaya yang masih muda terkandung enzim papain. Enzim ini biasanya identik dengan getah berwarna putih kental yang berfungsi untuk memecah protein, karena bersifat proteolithik.

Sedangkan pada daun pepaya tua mengadung senyawa fenolik. Namun secara umum daun pepaya mengandung papain 10 %, khimoprotein 45 %, dan lisozim 20 %. Enzim khimoprotein akan berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dan poplipetida. Sedangkan enzim lisizim merupakan zat antibakteri yang bekerja dengan cara memecah dinding sel bakteri.

Sementara itu, rasa pahit daun pepaya disebabkan oleh kandungan alkaloid karpain yang sangat efektif digunakan untuk menurunkan demam, mereduksi tekanan darah, dan membunuh mikroba seperti amuba.

Berikut sejumlah manfaat daun pepaya mengutip Times of India.

1. Membersihkan pori-pori
Jus daun pepaya dapat dijadikan masker alami wajah. Saat dioleskan pada kulit, jus daun pepaya dapat membuka pori-pori yang tersumbat, di samping membuat wajah terasa lebih lembab. Bila digunakan secara teratur dua kali seminggu, masker jus daun pepaya dapat membantu membersihkan jerawat dan mengatasi minyak berlebih di wajah.

2. Pengusir ketombe
Daun pepaya yang ditumbuk dapat menjadi cara alami untuk mendapatkan kulit kepala yang sehat. Caranya, ambil daun pepaya segar lalu tumbuk kasar atau cukup hancurkan dengan jari-jari. Aplikasikan pada rambut sebelum menggunakan sampo. Gosok perlahan pada kulit kepala selama 5 menit lalu diamkan sejenak. Masker rambut daun pepaya dapat menghilangkan minyak di kulit kepala, kotoran di akar rambut, melembabkan kulit kepala, yang akhirnya mencegah pembentukan ketombe.

3. Kurangi kolesterol jahat
Rebusan daun pepaya yang disantap sebagai lalap dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah yang akhirnya menurunkan total kolesterol dalam darah. Lalap daun pepaya dapat menjadi pilihan saat Anda menikmati makanan yang berpotensi meningkatkan kolesterol, seperti olahan seafood, daging kambing berlemak, atau makanan dengan olahan santan.

4. Atasi masalah pencernaan
Untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan mengatasi masalah seperti perut kembung, mulas, serta sembelit, disarankan untuk mengonsumsi daun pepaya segar dengan cara dijus. Daun pepaya segar kaya akan papain, cimopapain, dan serat esensial yang baik bagi kesehatan pencernaan.

5. Kurangi risiko diabetes
Daun pepaya mengandung enzim yang mempengaruhi produksi insulin dalam tubuh sehingga mampu menjaga kadar gula darah pada orang yang berisiko alami pradiabetes. Selain itu, antioksidan yang tinggi juga dapat menjaga kesehatan organ hati dan ginjal yang sama-sama berperan dalam mengatur kadar gula dalam darah. Namun, tingkat enzim dan antioksidan akan lebih tinggi bila Anda menikmati daun pepaya mentah atau direbus dalam waktu singkat.

6. Tingkatkan trombosit
Daun pepaya segar mengandung senyawa papain serta carocain yang dapat meningkatkan trombosit dan mengurangi infeksi pada penderita demam berdarah. Untuk merasakan manfaat daun pepaya yang efektif, konsumsi 25 ml jus daun pepaya sebanyak 2 kali sehari. Untuk membuat jus, ambil 5-10 lembar daun pepaya muda lalu cuci bersih dengan air mengalir. Masukkan daun pepaya dan air dalam blender. Saring menggunakan kain saring agar airnya dapat diminum dengan mudah.

7. Kurangi keram perut
Mengonsumsi daun pepaya, baik sebagai jus atau masakan, cukup disarankan bagi wanita yang sedang menstruasi. Tak hanya mengurangi keram perut, manfaat daun pepaya juga melancarkan peredaran darah, siklus menstruasi, serta menyeimbangkan hormon.

8. Memperkuat tulang dan gigi 
Dengan kandungan alami yang dimiliki oleh daun pepaya, dapat memperkuat tulang dan gigi. Konsumsilah sayur daun pepaya yang dapat disajikan dengan berbagai sajian.

9. Mengobati nyeri haid
Sebagian perempuan mengalami nyeri perut saat dan menjelang haid. Kandungan daun pepaya dapat meredakannya. Gunakan satu lembar daun pepaya mentah, air, asam jawa, dan garam, rebus hingga matang. Minumlah air rebusan tersebut.

10. Menghilangkan jerawat
Tumbuk dua lembar daun pepaya tua yang sudah di jemur sebelumnya. Campurakan air hangat pada tumbukan tersebut, kemudian oleskan pada muka yang berjerawat selama kurang lebih 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Lihat juga:
Berikut Ragam Upaya Jaga Kesehatan dari Kabut Asap Karhutla
Menampak Bocor Klep Jantung yang Pernah Dialami Presiden ke-3 RI BJ Habibie
Ini Alasan Wanita Kerap Ungkit Masa Lalu saat Bertengkar
Pecinan Lasem, Situs Plawangan dan Perahu Kuno Punjulharjo Dijadikan Cagar Budaya
Mengenal Kuliner Mugabe: Makanan Sehat sampai Daging Gajah dan Singa
Mengenal Ciri Dermatitis Atopik, Penyakit Kulit Kronis Keturunan Seumur Hidup

(Doktersehat/CNN/ayk/ayk)

Subscribe to receive free email updates: