Mengenal Ciri-ciri Kulit Wajah akan Kontaminasi Polusi Udara

Mengenal Ciri-ciri Kulit Wajah akan Kontaminasi Polusi Udara
Ilustrasi. Kondisi kulit wajah dikarenakan polusi udara.. (today.line/The Shonet ReporterTHE SHONET Local)

Detiknewsocean.com
~
 Menurut WHO, polusi udara adalah kontaminasi lingkungan (baik dalam maupun luar ruangan) dengan zat kimia, fisik, maupun biologis yang dapat mengubah ciri-ciri dasar dari atmosfer. Berbagai zat digolongkan sebagai polutan, yang dapat menimbulkan polusi udara.

Salah satunya adalah PAH (polycyclic aromatic hydrocarbon) yang berasal dari pembakaran kayu dan asap kendaraan (terutama dengan mesin diesel). PAH dikaitkan dengan penampakan penuaan pada kulit dan pigmentasi kulit. Selain itu, PAH juga dihubungkan dengan kemunculan kanker kulit, terutama apabila terdapat juga paparan dengan UVA.

Seiring berjalannya waktu, polusi udara kian mengkhawatirkan. Tak hanya memengaruhi kesehatan pernapasan, polusi udara juga dapat memperburuk kondisi kulit.

Kebakaran hutan dan lahan hingga asap kendaraan menjadi penyumbang polusi udara. Paparan asap dan debu yang diakibatkan membuat kondisi kulit wajah berubah.

Dalam kondisi udara tak sehat ini, dibutuhkan perawatan kulit ekstra. Polusi dapat menimbulkan efek kusam dan meninggalkan noda di wajah serta membuat kulit terasa sangat kering, polusi udara juga bisa menimbulkan gejala eksem dan dermatitis atopik.

Melansir dari CNN, Minggu (29/09/19), Beauty enthusiast, Tantri Namirah membagikan beberapa ciri kulit wajah yang terpapar polusi seperti berikut.

1. Beruntus
Bintik-bintik kecil pada wajah umum disebut beruntus. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menempel dan tak segera dibersihkan.

"Beruntusan biasanya akan muncul saat kita terlalu lama menggunakan produk makeup, tapi tak segera dibersihkan," kata Tantri di Jakarta, Rabu (25/9).

2. Jerawat
Permasalahan kulit yang satu ini sering dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat timbul akibat paparan polusi dan debu yang menempel di wajah.
Tantri mengatakan, partikel debu yang kotor akan menimbun dan menyumbat pori-pori hingga menimbulkan jerawat.

3. Terasa ada yang menumpuk di wajah
Tantri mengatakan, saat kotoran dan debu polusi telah menumpuk, umumnya wajah akan terasa lebih berat.

Dalam kondisi tersebut, Tantri menyarankan Anda untuk segera membersihkan wajah agar debu tidak menempel.

Lihat juga:

(CNN/dir/asr)

Subscribe to receive free email updates: