Misteri Pembunuhan Berantai 30 Tahun Lalu di Korsel 'Terungkap'

Misteri Pembunuhan Berantai 30 Tahun Lalu di Korsel 'Terungkap'
Ilustrasi pemerkosaan disertai pembunuhan. (Istockphoto/Coldsnowstorm)


Jakarta, Detiknewsocean.com ~ Misteri pembunuhan berantai yang menggegerkan penduduk Kota Hwaseong, Korea Selatan pada rentang 1980an akhirnya terungkap.


Seperti diketahui, pelaku yang diduga punya kelainan kejiwaan (psikopat) tak terungkap selama 30 tahun. Kasus tersebut pun diangkat dalam sebuah film 'Memories of Murder' pada 2003.

Penyelidik kepolisian Korea Selatan pada Rabu (18/9) merilis seorang narapidana dalam tahanan, berusia 50 tahun, menjadi tersangka utama dalam serangkaian pemerkosaan dan pembunuhan 10 perempuan di Hwaseong. Pembunuhan berantai tersebut diketahui terjadi sepanjang 1986-1991.

"Pada Juli tahun ini, kami mengirim sebagian bukti ke National Forensic Service, yang hasilnya menunjukkan bahwa DNA tersangka cocok dengan setidaknya dua dari 10 kasus," kata pejabat kepolisian dari Kantor Polisi Provinsi Gyeonggi, dilansir Koreaherald.

Sejak Rabu ini, sambungnya, polisi telah mempersempit tersangka utama kepada seorang pria berusia 50-an yang saat ini menjalani hukuman penjara karena pemerkosaan dan pembunuhan lainnya.

"Petugas memulai tim investigasi baru dan mengirimkan sisa bukti untuk pengujian lebih lanjut," sambung pejabat kepolisian tersebut.

Pembunuhan yang belum terselesaikan itu terjadi antara tahun 1986 dan 1991 dan melibatkan 10 wanita dari berbagai usia di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi.

Daerah tersebut merupakan perdesaan berpenduduk jarang pada saat itu. Sebagian besar korban ditemukan di lorong-lorong atau sawah yang remang-remang, dan diduga diserang dalam perjalanan pulang.

Film "Memories of Murders," disutradarai oleh Bong Joon-ho. Film tersebut dibintangi aktor yang Song Kang-ho. Film dibangun diidasarkan pada kisah nyata kejahatan yang belum terpecahkan tersebut.

Menurut Hukum Acara Pidana pada saat kejahatan itu, undang-undang pembatasan untuk yang terakhir dari pembunuhan berantai habis pada tahun 2006. Namun polisi mencoba memperpanjang pengusutan kasus tersebut, meski tak pernah membuahkan hasil berarti.

Lihat juga:

(DNO/CNN/ain/ain)

Subscribe to receive free email updates: